10 Latihan Terapi Fisik Terbaik untuk Low Back Pain

Hallo semua, kali ini saya akan menjelaskan tentang 10 latihan terapi fisik terbaik untuk Low Back Pain seperti apa sih… Nah mari kita simak, tapi sebelumnya apa itu Fisioterapi? Fisioterapi atau terapi fisik adalah prosedur untuk memeriksa, menangani, dan mengevaluasi pasien yang mengalami keterbatasan pada gerak dan fungsi tubuh.

Setelah kita tau apa itu Fisioterapi, mari kita simak tentang apa yang di maksud Low Back Pain? Low Back Pain adalah nyeri yang dirasakan di daerah punggung bawah, dapat merupakan nyeri lokal, maupun nyeri radikuler atau keduanya. Nyeri yang berasal dari punggung bawah dapat berujuk kedaerah lain atau sebaliknya yang berasal dari daerah lain di rasakan di daerah punggung bawah.

1. Cat and cow pose
Berbaringlah dengan posisi merangkak dan jaga agar punggung tetap lurus. Kemudian, tekuk tulang belakang ke luar dan ke atas ke arah langit-langit. Tahan pose ini hingga merasakan regangan di leher, lalu tekuk punggung ke dalam dan ke bawah hingga merasakan regangan di punggung bawah. Ulangi ini sekitar sepuluh kali.

Baca Juga :  Pengelolaan Wakaf Produktif yang Baik Menjadi Solusi Berkelanjutan bagi Umat

2. Cobra stretch
Berbaringlah dalam posisi tengkurap dan jaga tangan di kedua sisi dada. Jaga agar kaki tetap kokoh di lantai dan tekan ke tangan, saat mendorong tubuh bagian atas, dari dada ke kepala, ke atas. Tahan pose ini selama beberapa detik dan kemudian turunkan diri dengan lembut.

3. Prone leg lifts
Ini mirip dengan peregangan kobra, kecuali bahwa alih-alih mengangkat tubuh bagian atas, kemudian menahannya dengan kuat ke bawah. Jaga agar kaki tetap terentang dan rapat, angkat dalam satu gerakan terus menerus, tahan posenya, dan turunkan kaki kembali ke tanah.

4. Bridges
Jembatan sangat membantu jika ingin memperkuat punggung bagian bawah. Untuk melakukan jembatan dengan benar, berbaring telentang dan istirahatkan tangan yang terentang di sisi. Angkat pinggul dari lantai, jaga tubuh dari kepala hingga lutut dalam garis lurus. Tahan dan turunkan.

5. Leg stretches
Berbaring telentang dengan lutut terangkat ke atas dan kaki rata di tanah. Angkat kaki kanan ke atas, lingkarkan band atau handuk di sekelilingnya, dan tarik perlahan kaki ke arah dada, jaga agar kaki kanan tetap lurus dan tidak tertekuk sampai merasakan regangan di paha belakang.

Baca Juga :  Sengketa Waris, Pemberian Wasiat Bukan Kepada Ahli Waris Dapat Digugurkan?

6. Side twists
Ini adalah peregangan yang bagus untuk dilakukan ketika menderita sakit punggung bagian bawah dan samping. Berbaring telentang dengan tangan terentang di sisi. Tekuk lutut ke satu sisi sambil memutar tubuh ke arah yang berlawanan. Ulangi gerakan meremas ini di sisi yang lain.

7. Bird-dog stretch
Latihan ini berfokus pada peregangan otot-otot yang terhubung ke punggung bawah, sehingga menghilangkan stres dan rasa sakit. Berbaringlah dengan posisi merangkak, dan angkat kaki kiri, regangkan ke belakang. Secara bersamaan, regangkan lengan kanan ke depan dalam satu garis lurus. Ulangi di setiap sisi.

8. Toe-touches
Sentuhan kaki sangat cocok untuk hari-hari ketika punggung bawah benar-benar membutuhkan peregangan yang baik. Berdiri tegak dengan tangan terentang di atas kepala, tekuk sedikit ke belakang sampai merasakan dorongan di punggung bawah, lalu tekuk ke depan dan ke bawah untuk menyentuh jari-jari kaki. Ulangi ini perlahan sepuluh kali.

Baca Juga :  Pengaruh Kemiskinan dan Pertumbuhan Ekonomi Terhadap IPM di Sumbar Tahun 2013-2021

9. Child’s pose
Tidak ada latihan lain yang membuka punggung bawah seperti pose anak. Sangat mudah untuk melakukan juga, yang perlu di lakukan hanyalah berlutut di atas matras, duduk di atas tumit, dan membungkuk ke depan dengan tangan terentang di depan. Istirahatkan kepala di lantai dan nikmati kelegaan yang mengikutinya.

10. Hip stretches
Jangan terkecoh dengan namanya peregangan pinggul sama baiknya untuk punggung bawah seperti halnya untuk pinggul. Untuk meregangkan pinggul, berlututlah di lutut kiri dan letakkan kaki kanan ke depan, dengan lutut kanan ditekuk. Pegang kaki kiri dan tarik perlahan ke atas. Ulangi di sisi lain.

Itulah merupakan bagaimana terapi fisik pada Low Back Pain, Semoga bisa bermanfaat untuk semua. Tetap jaga kesehatan agar kita terhindar dari gangguan yang tidak kita inginkan. Sekian, terima Kasih.[]

Pengirim :

Widia Kartika Sari
Mahasiswi Prodi Fisioterapi, Fakultas Kesehatan dan Teknologi
Universitas Binawan – Jakarta
Email : widiakartikasari22@gmail.com

banner 300250