Digital Marketing sebagai Solusi Pebisnis di Masa Pandemi

Oleh : Raditya Danardanu*

Munculnya COVID-19 telah mengubah kehidupan kita secara drastis, kegiatan harian yang biasa kita lakukan seperti berbelanja, sekolah, dan bekerja terpaksa harus dilakukan secara daring untuk meminimalisir penyebaran virus. Kondisi ini juga menjadi tantangan bagi para pebisnis untuk memasarkan produknya. Karena kita hidup di era serba digital, teknologi yang ada dapat dijadikan solusi, salah satunya menggunakan teknik digital marketing.

Digital marketing adalah satu teknik pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan perangkat elektronik seperti media sosial, website, marketplace dan lain-lain. Dengan adanya digital marketing ini, kita bisa mempromosikan produk atau jasa yang kita punya tanpa harus bertemu tatap dengan konsumen. Digital marketing memiliki banyak keunggulan untuk mendukung kegiatan bisnis, seperti: Pertama, Dapat menjangkau lebih banyak konsumen ; Dengan digital marketing kita dapat menjangkau pembeli baru dari berbagai kalangan dan wilayah karena bersifat global.

Kedua, Menghemat biaya pemasaran ; Dibandingkan dengan metode pemasaran secara offline, biaya untuk pemasaran digital lebih terjangkau bahkan ada yang gratis, seperti pemasaran melalui media sosial contohnya.

Baca Juga :  KIB di Ujung Pembubaran, Golkar Isyaratkan ke Prabowo

Dan yang ketiga, Lebih mudah dievaluasi ; Dengan digital marketing kita bisa memperoleh informasi mengenai iklan yang kita pasang, seperti berapa banyak orang yang melihat, menyukai, dan feedback-feedback yang diberikan konsumen. Dari informasi yang kita peroleh kita dapat mengetahui jenis iklan seperti apa yang bisa menarik perhatian konsumen.

Untuk dapat merasakan keuntungan-keuntungan digital marketing seperti yang tertera diatas, kita dapat melakukan berbagai tren digital marketing saat ini, yaitu :

1. Membangun website

Dengan adanya situs web, pengusaha dapat memberi gambaran kepada konsumen mengenai jenis produk atau layanan apa yang ingin ditawarkan. Jadi situs web ini dapat digunakan oleh konsumen sebagai tempat untuk meneliti informasi produk sebelum melakukan pembelian, usahakan website yang dibangun menggunakan desain yang menarik dan selaras dengan produk yang dijual agar dapat menarik minat konsumen.

2. Membuat konten interaktif di media sosial

Baca Juga :  Mengenal Beberapa Landasan Penyelenggaraan PAUD

Dengan membuat konten interaktif seperti survei, kuis, polling dapat membantu kita mengumpulkan data tentang konsumen, dimana data ini kemudian dapat kita gunakan untuk meningkatkan penawaran produk dan layanan berdasarkan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan. Konten ini nantinya dapat diunggah di berbagai platform sosial media yang sedang banyak diminati seperti Instagram, Tik Tok, dan Facebook.

3. Menggunakan layanan Google Ads

Google ads adalah program periklanan online yang disediakan oleh Google untuk membantu kita memasarkan produk atau layanan secara efektif dengan media online. Google memproses ratusan juta kata kunci setiap harinya, hal ini membantu pengguna menemukan produk yang diinginkan lebih cepat. Menggunakan platform ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan bisnis kita dengan menargetkan audiens yang tepat.

4. Menggunakan teknik SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah salah satu teknik yang dapat meningkatkan popularitas bisnis secara online, dengan memudahkan website bisnis kita untuk ditemukan di halaman pencarian konsumen. SEO membuat website bisnis kita berada di peringkat yang bagus pada hasil pencarian Google, sehingga akan lebih banyak pengunjung yang datang ke website bisnis kita dan brand awareness kita akan meningkat.

Baca Juga :  Pemkab Nagan Raya Serahkan 19 Unit Traktor untuk Kelompok Tani

5. Bergabung ke forum online marketplace

Marketplace adalah tempat dimana penjual dapat menjual barang secara online, contohnya: Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Melakukan aktivitas jual beli melalui marketplace dinilai lebih praktis dan efisien, karena kita tidak perlu menyewa tempat untuk membuka lapak jualan kita. Situs marketplace menyediakan berbagai fitur yang memudahkan konsumen, sehingga konsumen saat ini juga lebih suka berbelanja di situs marketplace. Dengan memasarkan produk kita di marketplace, kesempatan untuk menjangkau calon pembeli jauh lebih besar.

Tren-tren digital marketing akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi, akan ada tren-tren baru yang akan lahir di masa mendatang.

Munculnya covid-19 memang sangat merugikan bagi berbagai sektor, namun dengan perkembangan teknologi dapat membantu para pembisnis untuk tetap bertahan di tengah krisis yang terjadi.

* Penulis adalah Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Jawa Tengah.

banner 300250