Durian Tamiang Diusulkan Namanya “Durian Gring”

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Tim dari UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB) Tanaman Pangan dan Hortikultura Pertanian (TPHP) Aceh telah mengunjungi Aceh Tamiang pada kamis (12/08) yang lalu.

Kedatangan tim ini dalam rangka untuk melakukan uji keunggulan terhadap Durian Tamiang yang selama ini sudah dikenal khalayak di luar Tamiang dengan cita rasa yang berbeda dibanding dengan durian lainnya yang ada di Aceh.

Bahkan cita rasa durian Tamiang ini dikatakan sebagian warga setara dengan durian Musang King yang sudah sangat terkenal.

Mengutip serambinews, menurut Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin, ada beberapa jenis durian Gring di Aceh Tamiang ini, pemberian nama jenis ini disesuaikan dengan nama daerah asalnya, misalnya Gring Tamiang, Gring Gunung Pandan dan Gring Tenggulun Pucuk.

Baca Juga :  Eks Bupati Bener Meriah Aceh Ditangkap terkait Kasus Jual Kulit Harimau

Dikatakan Tengku Insyafuddin, pemberian label atau nama jenis durian Tamiang ini perlu agar mendapat nomor registrasi dari Kementrian Pertanian. Sehingga nantinya dapat meningkatkan pendapatan petani itu sendiri, karena produk pertanian yang dihasilkan dan dipasarkan telah mempunyai nama.

Untuk keperluan uji keunggulan “durian Gring”, saat ini tim BPSB-TPHP Aceh telah mengambil beberapa sampel di beberapa kampung. Bahkan Wabup Insyafuddin ikut mendampingi ketika tim mengambil sampel di Kampung Kaloy Kecamatan Tamiang Hulu dan Kampung Selamat Kecamatan Tenggulun, Kamis (12/08) yang lalu.

Sementara itu, Kepala UPTD BPSB Tanaman Pangan dan Hortikultura Pertanian (TPHP) Aceh, Habiburrahman, mengatakan untuk mendapatkan nomor register varietas dari Kementerian Pertanian ada beberapa tahapan yang harus dilewati dan membutuhkan waktu kurang lebih setahun.

Baca Juga :  Bunda PAUD Aceh Imbau Segera Terapkan Penguatan Program Transisi PAUD/RA ke SD/MI

Namun Habiburrahman mengakui jika durian yang dimiliki Aceh Tamiang mempunyai peluang untuk dilakukan pelepasan varietas lokal ke nasional.

Sehingga dengan demikian, upaya pelestarian plasma nutfah atau menjaga jenis tumbuhan durian Tamiang akan senantiasa terjaga serta akan ada nilai tambah untuk Kabupaten Aceh Tamiang itu sendiri. [] Redaksi

banner 300250