Efek dan Cara Mengatasi Rasa Takut dan Cemas Berlebihan

Setiap orang pasti pernah merasakan takut dan cemas, entah karena kejadian alam, kegelapan, kehilangan seseorang, atau ketika bertemu orang asing. Ini adalah reaksi normal dan perasaan yang umum dialami manusia.

Apa itu rasa takut dan cemas? Ketakutan adalah salah satu emosi paling kuat. Rasa takut ini memiliki efek yang sangat kuat pada pikiran dan tubuh kita. Ketakutan dapat menciptakan sinyal respons yang kuat ketika kita berada dalam keadaan darurat, misalnya, jika kita terjebak dalam kebakaran atau serangan.

Rasa takut juga bisa terjadi ketika dihadapkan dengan peristiwa yang tidak berbahaya, seperti ujian akhir semester, sidang skripsi, interview pekerjaan, dan lain sebagainya.

Kecemasan adalah suatu istilah yang menggambarkan gangguan psikologis yang dapat memiliki karakteristik yaitu berupa rasa takut, keprihatinan terhadap masa depan, kekhawatiran yang berkepanjangan, dan rasa gugup. Contoh lainnya adalah fobia dimana menurut penelitian yang pernah aku baca, memiliki definisi yaitu gangguan kecemasan.

Baca Juga :  Transformasi Digital dan Dampaknya pada Ekonomi

Kamu akan merasa takut pada sesuatu hal yang bisa terjadi akibat otakmu mengasosiasikan hal tersebut dengan pengalaman buruk yang pernah kita alami sebelumnya. Hal ini membuat otak kita berada dalam kondisi panik padahal tidak ada ancaman nyata yang sedang terjadi.

Rasa cemas dan takut sendiri tidak selamanya berarti negatif. Fakta membuktikan bahwa rasa takut dapat berguna di dalam hidup karena rasa takut ini bisa membuatmu bertahan hidup. Tetapi ketika rasa cemas dan takut ini terlalu berlebihan berada di dalam pikiranmu, ini justru akan membahayakan hidupmu.

Efek buruk akibat memiliki rasa takut berlebih dan cemas adalah : 1) Mengganggu system pencernaan; 2) Mengganggu pola buang air kecil; 3) Mengganggu pola pernapasan; dan 4) Mempercepat detak jantung

Baca Juga :  Metode STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

Meskipun rasa cemas dan takut berlebih adalah sesuatu yang normal dimiliki setiap orang, bukanlah hal baik jika kita terus menerus merasa cemas dan takut. Kita perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi rasa takut tersebut dengan beberapa cara :
1) Bicara dengan orang lain; Menceritakan masalah kepada orang lain adalah salah satu cara untuk mendapatkan sudut pandang baru dari orang tersebut, hal ini sangat berguna untuk mencapai sebuah solusi pemecahan masalah kita sendiri.

2) Sadari dan terima; Ketika kita merasa takut ataupun cemas, hal yang paling penting untuk kita lakukan adalah dengan menyadari dan menerima rasa tersebut dalam diri kita.

3) Tenangkan diri; Cara untuk menghilangkan rasa takut adalah menenangkan diri secara fisik dan mental terlebih dahulu. Bertujuan agar lebih memahami kemudian mengenali diri sendiri, sehingga membuat kita bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita sehingga cepat atau lambat kamu akan paham akan karakteristik diri kita.(***)

Baca Juga :  Mengenal Metode Analisis Dasar Hasil Pengukuran

Pengirim :
Abdul Wahab
Mahasiswa Jurusan Tarjamah UIN Jakarta

banner 300250