Gadget Surga Anak Usia Dini

Anak usia dini cikal bakal masa bangsa. Anak anak harus mendapatkan pendidikan yang layak. Mereka wajib diperhatikan. Mereka sepenuhnya tanggung jawab kita sebagai orang tua. Anak usia dini adalah dimana anak pada masa keemasan yang semuanya adalah hal baru, dan biasanya rasa ingin tahunya lebih tinggi, hal itu menunjukkan keaktifan dari anak tersebut. Anak yang banyak bertanya berarti anak yang aktif untuk maju, hal ini sangat bagus untuk perkembangannya. Jangan kita sebagai orang dewasa/orang tua justru merasa terganggu akan keaktifannya.

Pendidikan anak usia dini adalah jenjang dasar pendidikan sebelum masuk Sekolah Dasar. Pendidikan yang ditujukan bagi anak dari sejak lahir hingga umur 6 tahun. Pendidikan sejak lahir bisa diberikan dengan mengajak berbicara, berkomunikasi. Didengarkan musik-musik religi dan sebagainya. Pada waktu anak lahir pendidikan pertama yang diberikan yaitu tentang ketuhanan, yaitu dengan mengadzani. Dengan adzan kita mengenalkan keberadaan Tuhan kepadaNya.

Baca Juga :  Menanamkan Rasa Cinta Kebersihan pada Anak Usia Dini

Seiring dengan perkembangan zaman, tidak bisa dipungkiri dengan perkembangan Teknologi. Perkembangan Teknologi mengikuti dengan semakin berkembangnya peradaban di dunia ini. Kita semakin dimudahkan dalam segala hal. Penggunaan teknologi sendiri bisa berdampak positif bisa juga berdampak negatif bagi anak. Sudah seharusnya kita ikut berperan mendampingi putra putri kita.

Di zaman sekarang ini bisa dikatakan zaman serba teknologi. Semuanya lebih mudah menggunakan teknologi. Gadget adalat teknologi yang canggih dan dibutuhkan oleh banyak orang saat ini. Melalui gadget semua aktivitas bisa lebih mudah. Semua tergantung dengan fungsi dan kegunaannya.

Dalam belajar penggunaan gadget di era sekarang sangatlah menjadi penunjang utama dalam kelancaran proses belajar. Apalagi di era pandemi sekarang ini, gadget memegang kendali utama dalam proses belajar. Karena pandemi belajar menjadi daring. Karena daring harus menggunakan hp.

Baca Juga :  Metode STEAM untuk Pembelajaran Anak Usia Dini

Lalu bagaimana dengan anak usia dini? Penggunaan gadget yang terkontrol dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik. Sedangkan penggunaan gadget yang kurang terkontrol akan menghasilkan hasil yang kurang baik pula. Seperti judul yang tertulis diatas “Gadget Surga Anak Usia Dini”. Seperti apa sih gadget surga anak usia dini itu. Gadget anak usia dini yaitu gadget yang memberikan edukasi yang positif terhadap anak-anak.

Disini peran orang dewas/orang tua lah sebagai operatornya. Gadget itu bisa kita isikan dengan edukasi-edukasi positif, seperti lagu-lagu islami, permainan yang edukatif, bacaan-bacaan surah Al Qur’an dan sebagainya. Penuhilah gadget dengan sesuatu yang berisikan pendidikan untuk anak usia dini. Jadi pemberian gadget itu menjadi penting dan menjadi kebutuhan kalau kita bisa menggunakannya dengan baik.[]

Baca Juga :  Teladan Orang Tua Dalam Strategi Membangun Karakter di Usia Emas

Pengirim :
Asma’ul Khusnah
Mahasiswa Prodi PIAUD INISNU Temanggung
Email : asmaul2911@gmail.com

banner 300250