Ini Manfaat Gizi bagi Anak yang Harus Diketahui

GIZI yang optimal sangat penting untuk pertumbuhan normal serta perkembangan fisik dan kecerdasan Si Kecil, serta seluruh kelompok umur.Gizi baik membuat berat badan normal atau sehat, tubuh tidak mudah terkena penyakit infeksi, produktivitas kerja meningkat serta terlindung dari penyakit kronis dan kematian dini akibat penyakit.

Gizi Seimbang adalah susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Selama Bunda dapat memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh Si Kecil dengan baik, risiko gizi buruk dapat dihindari. Pastikan setiap hari Si Kecil mengonsumsi makanan seimbang yang terdiri dari nasi atau sumber karbohidrat lainnya, berbagai jenis sayuran, buah-buahan, dan lauk-pauk yang mengandung cukup protein.

Pentingnya asupan gizi seimbang untuk mendukung tumbuh kembang Si Kecil. Asupan makanan dengan gizi seimbang sangat penting agar Si Kecil memiliki tumbuh kembang yang optimal.

Pemenuhan gizi yang seimbang berarti mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.Kuantitas dan kualitas makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat kesehatan individu,khususnya Si Kecil.

Untuk memenuhi asupan gizi seimbang bagi Si Kecil maka diperlukan peran aktif orang tua khususnya Bunda.Misalkan dengan memberikan Si Kecil makanan yang beragam,yang memiliki protein yang tinggi,serta sayur mayur.

Makanan dengan kandungan protein yang baik bisa didapat dari ikan, daging, telur, tempe, tahu, dan lain sebagainya. Selain itu, Bunda juga perlu memperhatikan konsumsi gula harian pada Si Kecil. Perhatikan konsumsi gula harian guna menjaga kesehatan Si Kecil hingga masa yang akan datang.Kualitas dan kelengkapan zat gizi dipengaruhi oleh keragaman jenis pangan yang dikonsumsi.

Baca Juga :  [FOTO] Harap Pandemi Berakhir, Warga Gelar Upacara Lepas Sesaji ke Laut

Pastikan Bunda selalu memberikan asupan makanan yang cukup dan penuh nutrisi.Dengan makan tiga kali sehari dan diselingi camilan sehat, emosi dan suasana hati Si Kecil dapat lebih stabil.

Dengan terpenuhinya gizi pada anak,Bunda tidak perlu lagi khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada mereka.Bunda dapat bernapas lega sambil tidak berhenti bersyukur setiap harinya melihat Si Kecil tumbuh dengan optimal.Manfaat gizi seimbang pada anak tentu saja sangat banyak. Beberapa di antaranya adalah berikut ini:

Tumbuh Sehat
Siapa yang tidak akan senang melihat buah hati tercinta tumbuh dengan sehat dan ceria. Manfaat gizi seimbang pada anak dapat menjadikan tubuh, kecerdasan, dan kemampuannya pun akan berkembang dengan pesat.Secara fisik,dengan gizi yang baik Si Kecil pun menjadi lebih sehat serta tidak mudah sakit.

Perkembangan Otak yang Sempurna
Tercukupinya gizi pada anak akan sangat berpengaruh pada pembentukan saraf mereka, termasuk juga saraf otak.Agar otak dapat berkembang sempurna,pastikan Si Kecil memperoleh banyak asupan vitamin dan mineral,termasuk DHA,zat besi,dan yodium yang cukup.

Daya Tahan Tubuh Kuat
Si Kecil yang makan dengan cukup disertai asupan gizi seimbang cenderung memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik.Mereka juga tidak mudah terserang flu dan batuk seperti anak-anak pada umumnya.

Tidak hanya itu,manfaat gizi bagi anak ini juga akan terus terasa hingga mereka tumbuh dewasa.Hal tersebut dapat terlihat dari fakta bahwa seseorang yang memiliki masalah-masalah kesehatan seperti diabetes cenderung memiliki riwayat gizi buruk saat kecil.

Kesehatan Gigi dan Mulut Terjaga
Meskipun sering disepelekan,kesehatan gigi dan mulut nyatanya sangat penting.Pasti Bunda juga tidak mau melihat Si Kecil sering sakit gigi dan harus mengalami berbagai permasalahan mulut lainnya.Tapi Bunda tidak perlu khawatir.Dengan makan yang benar dan rendah gula, kesehatan gigi dan mulut dapat terjaga dengan baik.

Baca Juga :  Megawati Segera Umumkan Nama Capres PDIP 2024

Lebih Konsentrasi
Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan,nyatanya perut yang kenyang dan gizi yang terpenuhi membuat konsentrasi lebih terjaga.Mereka dapat mengikuti kegiatan sekolah dengan fokus tanpa terganggu perut keroncongan,sakit gigi,lemas karena kurang zat besi atau gula,dan lain sebagainya.

Suasana Hati Lebih Stabil
Tidak hanya menyebabkan susah berkonsentrasi,perut kosong karena asupan makan yang kurang akan membuat suasana hati anak mudah memburuk.Tidak jarang,mereka akan tiba-tiba tantrum dan marah-marah tanpa alasan.
Oleh karena itu,pastikan Bunda selalu memberikan asupan makanan yang cukup dan penuh nutrisi.Dengan makan tiga kali sehari dan diselingi camilan sehat,emosi dan suasana hati Si Kecil dapat lebih stabil.Bunda juga jadi bisa lebih tenang dan santai.

Lebih Berenergi
Dengan asupan kalori yang sesuai kebutuhan,energi Si Kecil pun akan lebih banyak.Mereka akan lebih bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.Bunda tidak perlu khawatir mereka akan kelelahan meski sibuk sekolah,bermain,berolahraga,dan melakukan hal-hal yang mereka sukai. Hal ini pun bagus untuk kesehatan mental dan tubuh mereka.

Dengan demikian, mengonsumsi aneka ragam pangan menjadi salah satu kunci dalam mewujudkan gizi seimbang. Namun yang juga penting adalah perlu memperhatikan segi keamanan makanan,guna memastikan makanan bebas dari kuman penyakit atau bahan berbahaya.[]***

Pengirim :
Tinah Isrofah
Mahasiswi Prodi PIAUD INISNU Temanggung
Hp/WhatsApp : 08112918112

banner 300250