Manfaat Lidah Buaya pada Kulit Kering

PERAWATAN tubuh menjadi hal yang sudah tidak lazim dilakukan oleh setiap orang terutama pada kaum wanita. Kebersihan dan kesehatan akan mempengaruhi persepsi atau pandangan orang lain terhadap gaya hidup. Kulit terutama wajah adalah bagian terpenting dalam struktur anatomi manusia.

Kulit merupakan organ tubuh yang sangat menakjubkan. Bagian tubuh yang paling terlihat , kulit menjadi sumber kecantikan dan daya pikat dari seseorang. ( Achroni, 2012:13).

Sesuai dengan judul yang akan kita bahas adalah manfaat lidah buaya untuk kulit kering. Sebelum kita membahas efektifitas dari lidah buaya, kalian harus tau dulu cirri – ciri dari kulit kering.

Kulit wajah yang kering merupakan kulit yang halus, rapuh dan kering dimana kondisi di bagian pipi dengan ciri – cirinya tekstur kulit kasar, wajah kusam dan suram, pori pori kecil tanpa kelembapan yang cukup, tanda tanda penuaan cepat terlihat dan ketika disentuh kulit terasa kering, dan biasanya cenderung berkerut.

Kenapa sih kulit bisa kering? Apa ya penyebab nya? Kulit kering disebabkan karena kurang nya produksi minyak dari kelenjar sebaceous ( minyak ) yang mengakibatkan cenderung penuaan dini dan rawat kerut.

Baca Juga :  Dampak Microsoft 365 Copilot dalam Bidang Industri Teknologi

Menurut (Muliyawan, 2013:141) menjelaskan bahwa” kulit kering adalah kulit dengan kadar air yang kurang atau rendah”. Untuk mengatasi kulit kering di perlukan perawatan kulit wajah secara teratur. Perawatan kulit wajah dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Perawatan kulit wajah harian
2. Perawatan kulit wajah mingguan

Karena kulit membutuhkan waktu untuk melakukan regenerasi setiap 14-28 hari, sehingga penggunaan masker setiap dua minggu sekalipun tidak akan membuat kulit terbebani dan mendapat kesempatan agar memperbaikin sel-selnya.

Urutan dan melembutkan kulit wajah dengan menggunakan scrub atau peeling serta mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan masker, karena masker memiliki banyak manfaat. Masker yang baik untuk kulit kering adalah salah satunya adalah masker lidah buaya. (Tilaar 2012:53)

Lidah buaya (aloe vera) merupakan tanaman fungsional, karena semua bagian dari tanaman dapat dimanfaatkan, baik untuk perawatan tubuh maupun untuk mengobati penyakit. (Furnawanthi, 2002:23)
Beberapa kandungan lidah buaya diantaranya adalah :
1. Vitamin (kecuali vitamin D)
2. Mineral
3. Enzim
4. Saponin
5. Gula rantai yang panjang dan 20 jenis asam amino.

Baca Juga :  Pentingnya Memanage Keuangan

Lidah buaya juga mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti :
1. Antrakuinon
2. Mannans asetet
3. Polymannas
4. Antioksidan dan berbagai lektin.

Manfaat utama pada lidah buaya adalah menstimulasi pembentukan jaringan epidermis dan membantu proses regenrasi sel. ( Rosita dan Qonisa, 2008:68)

Lendir lidah buaya mengandung zat lignin yang mampu menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Hasilnya, kulit tidak cepat kering dan terlihat awet muda. (Siregar, 2011:158).

Penggunaan pada lidah buaya sebagai bahan kosmetika alami untuk perawatan pada kulit wajah yang kering telah dilakukan oleh peneliti dan terbukti dapat dengan efektif meningkatkan kadar kelembapan kulit wajah kering melalui perawatan yang intensif dan teratur . Lidah buaya banyak mengandung vitamin A dan Vitamin E yang sangat bermanfaat untuk kulit kering.

Baca Juga :  Ini Dampak Akibat Pernikahan Dini yang Dijodohkan

Penelitian oleh Schulz mengatakan gel lidah buaya mengandung air 99% dan yang lainnya glucomannas, asam amino, lipid, sterol dan vitamin.(Schulz, 2004)

Mucopolysacarida membantu dalam mengikat kelembapan kulit. Lidah buaya menstimulasi fibroblast yang mehasilkan kolagen dan serat elastis yang membuat kulit lebih elastis dan mengurangi kerutan. Asam amino pada lidah buaya juga mengurangi kulit yang kasar dan zink bertindak sebagai astringent untuk mempererat pori – pori kulit juga mempunyai efek antijerawat. (West,2003)

Selain untuk kulit kering kandungan pada Lidah buaya juga mengandung 6 agent antiseptic yang dimana diantaranya adalah:
1. Lupeol
2. Salicyl acid
3. Urea nitrogen
4. Cinnamonnic acid
5. Phenol dan sulphur

Semua substansi ini tergolong antiseptic karena dapat membunuh kuman atau mengntrol pembentukan bakteri jamur dan virus (Rajewari,2022).

Pengirim :
Ayu Ardhyani Pratiwi
Mahasiswa Program Studi Farmasi Universitas Binawan
Email : ayu.ardhyanipratiwi@student.binawan.ac.id

banner 300250