Membangun Kesadaran Nasionalisme Masyarakat di Era Globalisasi

Negara Indonesia adalah negara yang memiliki kesetaraan yang sangat tinggi, keberagaman kultur, dan memiliki banyak potensi. Namun, karena era globalisasi saat ini mengakibatkan masyarakat Indonesia mengalami berbagai tantangan yang memerlukan perhatian khusus. Salah satu tantangannya yaitu, membangun kesadaran nasionalisme masyarakat Indonesia di era globalisasi. Sangat penting untuk membangun kesadaran nasionalisme masyarakat Indonesia.

Kesejahteraan, pengelolaan kekuatan, dan kekayaan negara dapat menjadi lebih baik jika dalam era globalisasi ini negara Indonesia memiliki kesadaran nasionalisme yang kuat. Peran penting kesadaran nasionalisme untuk masyarakat Indonesia yaitu, masyarakat menjadi lebih baik dalam mengelola sosial, ekonomi, ataupun politiknya. Globalisasi telah mengubah bagaimana kita mengenal dan memahami kesadaran nasionalisme. Di era globalisasi ini masyarakat Indonesia juga harus paham dan dapat mengembangkan kesadaran nasionalisme.

Apa saja sih dampak globalisasi terhadap kesadaran nasionalisme masyarakat Indonesia? Dengan budaya dan sejarahnya yang unik dan berbeda dari negara lain, Indonesia harus mempertahankan dan meningkatkan kesadaran nasionalisme masyarakatnya untuk mempertahankan identitas bangsa dan budaya Indonesia serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga keberagaman dan keamanan negara.

Baca Juga :  Peran Kaum Beragama dalam Kemerdekaan

Dampak globalisasi terhadap kesadaran nasionalisme ada 2 dampak positif dan negatif. Dampak positif globalisasi terhadap kesadaran nasionalisme adalah kemajuan teknologi, informasi, komunikasi, dan pendidikan memungkinkan masyarakat Indonesia untuk lebih memahami budaya dan nilai-nilai nasional yang lebih dalam. Dampak negatifnya adalah globalisasi mempengaruhi budaya bangsa Indonesia.

Dalam beberapa tahun terakhir, globalisasi telah membawa berbagai budaya asing masuk ke Indonesia dan mengubah cara hidup masyarakat, masyarakat Indonesia lebih memilih budaya asing yang masuk daripada budaya sendiri. Contohnya model-model pakaian tren negara lain mulai ditiru oleh orang Indonesia begitu pula gaya rambut dari idol Korea ditiru oleh beberapa anak muda di Indonesia. Selanjutnya, globalisasi dapat mempengaruhi penurunan rasa cinta dan budaya.

Baca Juga :  Wow...Ternyata Pembelajaran Sains Menjadikan Anak Hebat

Anak muda di Indonesia lebih memilih budaya asing ketimbang budaya sendiri, tidak banyak yang mau melestarikan budaya bangsa dengan memakai pakaian yang sopan sesuai kepribadian bangsa. Selain itu akibat berkembangnya teknologi informasi banyak perfilman luar negeri yang menjadi sangat popular di Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia dapat mudah terpengaruh oleh budaya asing.

Beberapa Langkah yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran nasionalisme masyarakat Indonesia antara lain:

Memahami Kesadaran Nasionalisme
Apa itu kesadaran nasionalisme? Kesadaran nasionalisme adalah kesadaran atau sebuah ideologi berdasarkan rasa cinta kepada tanah kelahirannya. Rasa cinta ini akan mewujudkan sikap memperjuangkan kepentingan bangsa atau negaranya. Intinya kesadaran nasionalisme merupakan pemahaman tentang identitas, nilai, dan tujuan kita sebagai bangsa.

Mempelajari Bahasa dan kebudayaan daerah
Membangun kesadaran nasionalisme bisa melalui, mulai mengenalkan kepada diri sendiri bahasa dan kebudayaan daerah. Mengunjungi tempat budaya juga merupakan cara atau langkah untuk membangun kesadaran nasionalisme karena kita lebih bisa mengenal beragam kebudayaan, kebudayaan sebagai identitas di daerah tersebut, memahami perbedaan kebudayaan dan lain-lain.

Baca Juga :  Kemenlu Pulangkan 9 WNI Diduga Korban TPPO dari Myanmar

Meningkatkan toleransi dan kebhinekaan
Negara Indonesia sangat menjunjung tinggi toleransi dan kebhinekaan, dengan adanya toleransi dan kebhinekaan masyarakat Indonesia akan lebih mampu menghargai keberagaman atau perbedaan yang ada. Dengan ini masyarakat Indonesia dapat membangun persatuan yang kokoh untuk menghadapi tantangan di era globalisasi sekarang, dan merasa sebagai bagian dari satu bangsa yang berbeda-beda namun tetap bersatu.

Kesimpulan
Dalam era globalisasi, kesadaran nasionalisme adalah penting untuk masyarakat Indonesia. Kita harus memahami dan mengembangkan kesadaran nasionalisme sebagai bagian dari identitas kita sebagai bangsa. Dengan langkah-langkah tersebut, kita dapat membangun kesadaran nasionalisme yang lebih kuat dan yang dapat membangun bangsa Indonesia kearah yang lebih baik.[]

Pengirim :
Seva Ristika Amalia, mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta, email : sevaristika@gmail.com

banner 300250