Mengapa Kita Membutuhkan Guru Bimbingan Konseling?

Bimbingan Konseling (BK) di sekolah biasanya diperani oleh seorang guru yang dikenal dengan nama Guru BK. Oleh karena itu, Guru BK bukanlah polisi sekolah, namun hanya sebagai pen-support adanya penegakkan tata tertib di sekolah. Oleh karena itu, agar siswa lebih percaya dan akrab dengan BK, guru BK harus bersikap yang mengayomi siswa secara mendalam untuk menciptakan keamanan bagi siswa yang berkonsultasi.

BK di sekolah bertindak sebagai pengampu layanan bimbingan, salah satunya untuk memotivasi siswa, memberikan layanan informasi pada siswa, memberikan bimbingan-bimbingan yang bermanfaat bagi siswa seperti bimbingan kelompok. Selain itu, BK juga sebagai bimbingan belajar teman sebaya (tutorial sebaya), memberikan layanan konseling bagi siswa, memberikan layanan orientasi, dan masih banyak lagi yang lain, juga sebagai dukungan sistem yang mana guru BK harus memiliki aktualisasi yang bagus dalam bidangnya, agar pelayanan yang diberikan benar-benar menjadi bagian kerja utuh konselor kepada siswanya.

Baca Juga :  HMP PGMI INISNU Temanggung dan Lesbumi MWC NU Kandangan Meriahkan Peringatan Maulid Nabi SAW

Dengan segudang manfaat ini, seorang guru BK harus mempunyai aktualisasi yang bagus dalam bidangnya agar pelayanan yang diberikan benar-benar menjadi bagian kerja utuh konselor kepada siswanya. Hal ini selain agar siswa dapat mencapai kompetensinya sesuai dengan periode perkembangannya. Karena bimbingan konseling berperan sebagai salah satu bimbingan yang memberikan pertolongan kepada sekumpulan individu untuk bias mengatasi masalah yang ada dalam kehidupannya, menyikapinya dengan baik dan juga dapat mencapai rasa sejahtera dalam hidupnya.

Guru bimbingan konseling adalah salah satu profesi di bidang pendidikan yang sangat penting. Mereka berperan sebagai fasilitator bagi peserta didik dalam mengembangkan keterampilan dan potensi mereka serta membantu mereka mengatasi masalah pribadi, sosial, dan akademik. Beberapa alasan mengapa kita memerlukan guru bimbingan konseling dalam pendidikan diantaranya membantu peserta didik dalam mengatasi masalah pribadi dan sosial. Peserta didik dapat menghadapi masalah pribadi seperti kecemasan, depresi, stres, dan masalah sosial seperti bullying dan isolasi. Guru bimbingan konseling dapat membantu peserta didik mengidentifikasi dan mengatasi masalah ini dengan memberikan saran, dukungan, dan bimbingan

Baca Juga :  PGMI INISNU Temanggung Galang Dana untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Guru bimbingan konseling dapat memberikan bimbingan akademik, Guru bimbingan konseling dapat membantu peserta didik mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam akademik dan memberikan bimbingan dalam memilih jalur pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Mereka juga dapat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan belajar yang efektif dan mengatasi kesulitan belajar.

Dalam memfasilitasi pengembangan karir Guru bimbingan konseling dapat membantu peserta didik memahami berbagai jalur karir yang tersedia dan memberikan saran tentang kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk mencapai tujuan karir mereka. Mereka juga dapat membantu peserta didik menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja dengan memberikan informasi tentang proses pencarian kerja, wawancara, dan resume.

Baca Juga :  Urgensi Pendidikan Inklusi Untuk Sekolah Dasar

Guru bimbingan konseling dapat membantu peserta didik mengembangkan keterampilan sosial yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan orang lain secara efektif. Mereka dapat membantu peserta didik memahami perbedaan budaya, mengatasi konflik, dan berkomunikasi dengan baik dengan orang lain.

Guru bimbingan konseling dapat membantu meningkatkan kesejahteraan peserta didik secara keseluruhan dengan memberikan saran tentang pola makan, tidur yang sehat, dan kesehatan mental. Mereka juga dapat membantu peserta didik memahami pentingnya olahraga dan kegiatan fisik lainnya dalam menjaga kesehatan.

Dalam rangka mencapai hasil pendidikan yang optimal, guru bimbingan konseling diperlukan untuk membantu peserta didik mengatasi tantangan pribadi, sosial, dan akademik yang mereka hadapi dan membantu mereka mengembangkan keterampilan dan potensi mereka. Oleh karena itu, guru bimbingan konseling sangat penting dalam sistem pendidikan modern.[]

Pengirim :
Septa Eka Permatasari, Mahasiswi PIAUD INISNU Temanggung, email : septaekapermatasari@gmail.com

banner 300250