Mengenal Aplikasi Duolingo sebagai Media Edukasi Berbahasa Asing

DUOLINGO merupakan salah satu aplikasi pembelajaran atau edukasi yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 500 juta pengguna. Duolingo diluncurkan pada tahun 2012 hanya dengan 3 bahasa, tetapi sekarang sudah ada lebih dari 30 bahasa yang ditawarkan termasuk bahasa fiksi.

Dengan adanya aplikasi Duolingo ini menambah penyedia fasilitas pembelajaran bahasa asing secara online dan caranya sangat mudah di dapatkan. Duolingo dibuat untuk dapat diakses oleh semua kalangan, serta menjadikan sebagai pendidikan gratis dan juga menyenangkan karena Duolingo ini sendiri di desain seperti permainan dan sudah terbukti efektif secara ilmiah.

Ada 4 aspek yang dipelajari dalam aplikasi Duolingo, antara lain membaca, mendengar, menulis, hingga berbicara. Metode yang digunakan pada aplikasi ini yaitu belajar sambil bermain, karena bukan hanya mempelajari kata saja tetapi didalamnya juga terdapat gambar serta suara.

Baca Juga :  Reconfigurable Manufacturing System, Pendukung Perkembangan Industri Manufaktur

Aplikasi Duolingo ini sangat dianjurkan untuk pemula yang baru ingin memulai mempelajari bahasa-bahasa asing, karena pembelajaran dimulai dari materi yang paling dasar, seperti pengenalan benda-benda dan kata sapaan untuk orang-orang disekitar.

Duolingo berupa kuis yang ditampilkan layaknya sebuah permainan dengan tingkatan-tingkatan yang harus dilewati, dan setiap kuis yang dimainkan diberi “nyawa” yang akan berkurang satu apabila salah menjawabnya, serta nilai yang didapatkan berupa Experience Point.

Belajar melalui Duolingo ini tidak hanya visual dan kemampuan belajar yang meningkat, akan tetapi kemampuan mendengar serta berbicara pun bertambah karena ditampilkannya gambar serta suara. Kita bisa bersaing dengan setiap pengguna lain di papan peringkat dan kita diajari mengenal suatu benda dengan gambar, serta mengulang kata itu secara terus-menerus sampai kita bisa.

Baca Juga :  Minimnya Pendidikan Anak-Anak di Desa

Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan teman untuk praktik dengan bergabung di beberapa kelompok bahasa sesuai yang sedang kita pelajari, serta bisa bertukar pendapat atau berkenalan dengan sesama pengguna aplikasi Duolingo ini. Setiap harinya kita selalu diingatkan dengan notifikasi supaya bisa menyempatkan diri belajar bahasa yang kita pilih minimal selama 5 menit.

Dengan menggunakan aplikasi Duolingo ini bisa memberikan banyak manfaat, seperti dapat memperbanyak kosa kata bahasa asing, kemampuan berbahasa asing meningkat dan intensitas belajar pun meningkat dengan seiringnya kemampuan kita untuk naik ke level berikutnya.[]

Pengirim :
Clara Titania Endya
Mahasiswi Semester II Fakultas Hukum
Universitas Bangka Belitung, email : claratitania91@gmail.com

banner 300250