Menjaga Mental Health untuk Kehidupan

Mental health atau kesehatan mental adalah penyakit mental yang dialami seseorang karna adanya gangguan dari pikiran, perasaan emosi dan psikologis sesorang. Gangguan tersebut dapat merusak kehidupan bagi seseorang.

Di kehidupan yang sekarang tidak hanya menjaga Kesehatan fisik tetapi juga harus menjaga Kesehatan mental untuk memenuhi kebutuhan kebahagian dan ketenangan dalam kehidupan.

Penyabab terjadinya mental health atau gangguan kesehatan ini adalah karena adanya gangguan terhadap pikiran sehingga terjadi stres kecemasan yang berlebihan sehinggah menimbulkan stres berkepanjangan.

Mental health terjadi juga karena adanya trauma yang di alami seseorang di dalam kehidupannya. Gejala yang dialami seseoarang yang kesehatan mentalnya rusak seseorang sangat mudah marah, merasa putus asa, rendah diri, sering merasa cemas dan mempunyai rasa khawatir yang berlebihan.

Tanda kesehatan mental seseorang tidak baik yaitu : 1) Gampang merasa sedih dengan alasan yang tidak jelas; 2) Mudah marah dan sensitive; 3) Waktu tidur dan makan yang berantakan; 4) Menjadi moodyan; 5) Mudah tersinggung karena hal sepele; 6) Merasa mudah Lelah; 7) Susah untuk berkonsentrasi; 8) Merasa bersalah, takut, khawatir, bingung dan putus asa; dan 9) Pura pura bahagia di depan semua orang.

Mnjaga kesehetan mental sangat penting dilakukan mental yang sehat seseoarang akan memiliki perasaan yang sehat dan Bahagia serta mampu mengatasi masalah tentang hidup. Sikap yang dapat menerima orang lain sikap positif terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Dalam kehidupan seseoarang harus menjaga kesehatan fisik maupun kesehatan mentalnya karna di dalam hidup kesehatan fisik maupun mental sama-sama penting dalam kehidupan. Kita harus menghargai betapa pentingnya peresaan sesoarang agar kesehatan mentalnya tetap terajaga dengan baik jangan merusak kesehatan jiwa sesorang karna mental healt berpengaruh dalam kehidupan kita.[]

Baca Juga :  Minimnya Pendidikan Anak-Anak di Desa

Pengirim :
Intan, Mahasiswi Universitas Bangka Belitung

banner 300250