Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental Sejak Dini

Kesehatan mental merupakan kondisi dimana seseorang memiliki kemampuan dalam mengatasi tekanan dalam hidup dengan batin yang tentram dan tenang. Kondisi mental pada masa kanak-kanak dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan hingga dewasa nanti.

Di zaman sekarang ini banyak sekali hal-hal yang mungkin dapat mengganggu kesehatan mental, dapat dilihat sejak beberapa tahun belakangan pada masa pandemi covid-19. Seperti tingginya tingkat kecemasan, kekhawatiran serta ketakutan yang berlebihan.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan mental yaitu faktor biologis seperti gangguan pada otak, ada pula faktor kehidupan yang disebabkan karena trauma, pelecehan, kekerasan dan sebagainya. Lalu ada pula faktor keluarga seperti masalah keluarga atau riwayat keluarga.

Baca Juga :  Nilai-Nilai Demokrasi dan Pancasila Generasi Z Menangkal Kecurangan Pemilu 2024

Pada umumnya, tahap penting perkembangan mental terjadi pada masa anak-anak hingga remaja. Dimana pada masa ini perkembangan otak berlangsung begitu cepat. Maka dari itu pentingnya peran orang tua dalam memberikan perhatian bukan hanya pada kebutuhan fisik saja tetapi juga perhatian terhadap mental anak. Karena sejak anak-anak dan remaja memerlukan kondisi mental yang baik untuk berkembang dengan cara yang sehat dan membangun hubungan sosial yang kuat.

Menurut Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey 2022, 15,5 juta (34,9 persen) remaja mengalami masalah mental dan 2,45 juta (5,5 persen) remaja mengalami gangguan mental. Dari data tersebut dapat dilihat bahwa banyaknya remaja yang mengalami masalah mental yang dimana remaja merupakan pemuda Indonesia yang akan menjadi pemimpin di kemudian hari. Akan sangat miris sekali jika banyak anak remaja yang mengalami masalah mental yang dimana mereka akan kesulitan untuk bersosialisasi atau mengekspresikan perasaan mereka.

Baca Juga :  Menjaga Mental Health untuk Kehidupan

Maka dari itu, untuk mengurangi persentase remaja yang mengalami masalah mental, berikut beberapa cara untuk menjaga mental pada anak-anak dan remaja, yaitu : 1) Ajak untuk terbuka, dengan saling terbuka anak bisa bercerita tentang hal-hal yang dia alami; 2) Menghargai setiap hal yang anak lakukan agar dia merasa di hargai; 3) Membangun kepercayaan diri anak; 4) Memberi tahu untuk menyayangi diri sendiri; dan 5) Memberikan kasih sayang yang tidak terbatas.

Kesehatan mental memang harus di jaga sejak dini, untuk melatih kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah hidupnya. Dan pentingnya kesehatan mental ini juga sebagai pondasi dimasa selanjutnya supaya lebih siap dan kedepannya agar tidak mengalami masalah mental yang akan membahayakan kehidupannya. Nah sebagai orang tua juga sebaiknya dapat lebih memberikan waktu untuk dapat berbincang-bincang atau bermain menghabiskan waktu bersama anak-anak, karena dengan begitu bisa membuat anak merasa di perhatikan, di sayangi dan bisa membuat anak lebih berkembang ke arah yang positif.[]

Baca Juga :  Pentingnya Bimbingan dan Konseling AUD

Pengirim :
Dwi Octavia Br. Simanjuntak mahasiswa jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, email : dwioktavia0512@gmail.com

banner 300250