Strategi Pemasaran Pelaku UKM di Era Digitalisasi

Perkembangan teknologi yang sangat pesat di era digital ini membuat kebiasaan baru seperti berpindahnya semua jenis kegiatan menjadi online. Hal tersebut dapat memacu para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bersaing agar bisa menarik perhatian konsumen.

Pada era digital saat ini, masyarakat telah terpacu untuk memilih metode yang serba cepat, mudah, dan efisien. Oleh karena itu, para pelaku usaha UMKM juga harus bertindak lebih cepat dan efisien agar mampu menyeimbangi perkembangan zaman dan tren yang sedang terjadi di masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, pelaku usaha UMKM harus tanggap akan perubahan.

UMKM sendiri cukup menjadi sorotan karena pada dasarnya sebagian besar pelaku usaha di Indonesia termasuk dalam golongan UMKM. Di Indonesia, perihal tentang UMKM tertuang dalam Undang-Undang No. 20/2008.

Pertumbuhan UMKM di Indonesia tergolong pesat. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia saat ini mencapai 64,2 juta dengan nilai kontribusi ke PDB sebesar 61,07% atau senilai Rp8.573 triliun.

Poin lainnya terkait kontribusi terhadap perekenomian Indonesia adalah kemampuan menyerap tenaga kerja sebesar 97% dari total tenaga kerja yang ada dan dapat menghimpun sebesar 60,4% dari total investasi.

Digitalisasi UMKM menjadi hal penting seiring dengan era digital yang membawa dampak ke segala bidang termasuk ekonomi. Dalam upayanya, pemerintah bekerja sama dengan berbagai platform digital untuk membantu UMKM mendapatkan manfaat yang optimal dari digitalisasi.

Ketika kamu memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, hal paling penting yang harus dipelajari adalah bagaimana cara untuk menjual produkmu. Apalagi memulai bisnis di zaman sekarang yang dihiasi dengan banyak competitor serupa, membuatmu harus pintar-pintar mengenalkan atau mempromosikan barang jualanmu.

Baca Juga :  FAKSI : Objek Wisata Aceh Timur Layak Dikembangkan dan Butuh Investor

Dengan menjalankan strategi promosi yang tepat dan menarik, bukan tak mungkin bisnismu bisa menempati posisi pertama diantara pebisnis lainnya. Namun tak jarang para pemilik bisnis yang belum mengerti apa itu promosi, bagaimana cara melakukannya agak tepat sasaran.

Promosi merupakan faktor penentu dalam meningkatkan pendapatan untuk semua jenis usaha mulai dari skala kecil sampai besar. Salah satu cara yang efektif untuk menarik perhatian konsumen di era digital adalah dengan menggunakan pemasaran secara online atau digital marketing.

Cara tersebut dianggap paling efektif karena merupakan cara pemasaran yang bisa dilakukan oleh semua jenis usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Diantara banyaknya manfaat yang bisa dirasakan dengan melakukan kegiatan promosi, dapat disimpulkan bahwa langkah ini memiliki tujuan dan fungsi untuk meningkatkan penjualan suatu bisnis. Dalam melakukan kegiatan promosi, kamu sebagai pelaku bisnis juga harus mencari strategi mana yang paling bekerja pada bisnismu itu.

Promosi sendiri bentuknya bisa berbagai macam, ada yang berbentuk fisik yang biasanya berbentuk sebuah event atau kegiatan tertentu yang bertujuan untuk menawarkan barang secara langsung. Promosi jenis ini memiliki kelebihan yaitu dapat berinteraksi secara langsung dengan calon pelanggan, sehingga memudahkan proses penjualan.

Jenis lain dari promosi yaitu melalui media tradisional seperti media cetak, TV, radio, billboard, dll. Kelebihan dari jenis promosi ini yaitu dapat menjangkau banyak calon pelanggan dalam kurun waktu yang lama. Dan jenis promosi lain yang kini marak dimanfaatkan para pelaku bisnis yaitu promosi melalui media digital.

Strategi promosi di era digital yang kini juga banyak diaplikasikan pebisnis adalah penggunaan brand ambassador atau endorser. Mereka yang memiiki para pengikut setia dapat dijadikan strategi marketing terbaik guna memperluas informasi produk jualan kepada pelanggan. Strategi promosi yang tidak kalah adalah dengan memanfaatkan personal selling dengan cara menyampaikan informasi secara langsung kepada calon pelanggan.
Manfaatkan platform komunikasi atau social media lain untuk menyebarluaskan informasi ini. Dengan mengaplikasikan strategi promosi yang tepat, membangun bisnis bisa terasa lebih mudah. Pastikan untuk terus mencari formula promosi terbaik yang paling cocok dengan bisnismu.[]

Baca Juga :  Urgensi Pendidikan Inklusi Untuk Sekolah Dasar

Pengirim :
Amelia Puspita Sari, Mahasiswa Ekonomi Universitas Bangka Belitung

banner 300250