Ini Sejarah dan Perkembangan Akuntansi Dunia

Oleh : Luqman Aji Kusuma*

Akuntansi merupakan sebuah alat penunjang dalam segala urusan manusia, tak memungkiri bahwa setiap manusia membutuhkan yang namaya akuntansi,bahkan seseorang maupun perusahaan dapat dikatakan maju ketika akuntansinya berhasil.

Namun kita belum tau sejak kapan istilah akuntansi mulai di kenal dan siapa penemu akuntansi, menurut sejarahnya ilmu akuntansi muncul pertama kali pada tahun 1494 yang mana di kala itu ada seorang matematikawan bernama Luca Paciolo yang berhasil membukukan pencatatan keuangan dengan model berpasangan.

Buku yang dicetak oleh matematikawan ini diberi judul Summa De Arithmetica Proportioni et Proportionita. Isi dari buku adalah metode pembelajaran cara mengelola keuangan yang dibuat secara khusus untuk para usahawan. Selanjutnya di daerah Eropa Barat muncul istilah sistem pembukuan berpasangan yang sama untuk menyebutkan akuntansi.

Baca Juga :  Perspektif Pengadilan Agama dalam Menanggapi Tantangan Multikulturalisme

Namun beberapa waktu kemudian, sistem pembukuan berpasangan mulai dikenal di banyak negara-negara besar yang lainnya. Bahkan negara sekelas Amerika Serikat juga menggunakannya sekalipun dengan nama yang berbeda. Di Amerika sistem pembukuan disebut sistem Anglo Saxon.

Selain Amerika Serikat, Belanda juga mengadopsi ilmu pembukuan berpasangan. Negara ini menamakannya Pembukuan Sistem Kontinental. Sistem pembukuan berpasangan yang sudah menyebar di Eropa barat mengalami perkembangan yang sangat signifikan. Terutama di jaman-jaman pertengahan karena di kala itu terjadi perpindahan progres perdagangan dari Venesia Italia ke Eropa barat.

Karena eksodus para pedagang yang terbiasa melakukan pencatatan pembukuan, maka pembukuan mulai berkembang sistem akuntansi yang beredar di Inggris di kala itu yaitu sistem pembukuan berpasangan, yang nama inggris-nya sudah dijelaskan di atas. Karena perkembangan inilah, maka muncul versi-versi baru dengan nama yang berbeda.

Baca Juga :  Tindak Pidana Pembunuhan yang Dilakukan Anak di Bawah Umur di Bangka Barat

Lalu di abad ke 19, Amerika Serikat mempatenkan teori Anglo Saxon 2 menjadi teori yang lebih komprehensif yang disebut dengan istilah Teori accounting dan ini yang dianggap cikal bakal lahirnya teori akuntasi modern. Teori ini mulai berkembang pesat di awal abad 20, yang mana di kala itu, Amerika Serikat sudah mengenal komputer, yang membuat pengaplikasian akuntansi menjadi lebih mudah.

Tak hanya itu, penambahan teori di dalam pembukuan tersebut juga semakin diperkuat. Maka dari itu, saat ini, bisa ditemukan teori akuntansi sebagai disiplin ilmu pengelolaan keuangan yang kompleks dan seakan final.[]

*Penulis adalah Mahasiswa Progam Studi Ekonomi Syariah INISNU Temanggung, email : luqmanaji022@gmail.com

banner 300250