Rusli Bacakan Fakta Integritas Anggota KIP Aceh Tamiang 2023-2028

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Anggota Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) priode 2023-2028 saat proses pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan yang dipimpin oleh Pj Bupati Aceh Tamiang, Drs. Asra di aula Setdakab kabupaten setempat, Jum’at (12/1/2024).

Perwakilan Komisioner KIP Aceh Tamiang priode 2023-2028, Rusli saat membacakan fakta integritas menyebutkan, demi masa depan demokrasi, negara dan bangsa yang lebih baik, kami anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Tamiang Periode 2023 2028 bertekad untuk bekerja keras menyelenggarakan Pemilu 2024, dengan ini menyatakan janji kepada rakyat Indonesia khususnya masyarakat Kabupaten Aceh Tamiang selama masa jabatan.

“Menyelenggarakan Pemilihan Umum berdasarkan asas langsung, umum. bebas, rahasia, jujur dan adil secara profesional, efektif, efisien, transparan serta bekerja dengan sepenuh waktu dan bertanggung jawab sampai berakhirnya mandat jabatan,” ucapnya.

Baca Juga :  Gubernur Aceh Nova Iriansyah Setujui Pengunduran Diri Kepala BPKA

Selain itu sambungnya, memenuhi hak konstitusional warga negara untuk dapat menggunakan hak pilihnya secara baik dan menjaga suara pemilih sebagaimana diatur dalam undang-undang.

“Memperlakukan secara adil, imparsial dan nonpartisan kepada peserta Pemilihan Umum dan para pihak yang memiliki preferensi politik tertentu tanpa terkecuali,” sebut Rusli.

Masih kata anggota KIP itu, membuka partisipasi dan akses publik atas perumusan kebijakan, proses penyelenggaraan Pemilihan Umum dan berbagai data serta informasi sesuai peraturan dan perundang-undangan dan menolak pemberian, permintaan dan perjanjian dalam bentuk apapun baik secara langsung maupun tidak langsung yang memberi harapan yang menyimpang dari prinsip-prinsip Pemilihan Umum yang jujur dan adil bagi peserta pemilihan umum, calon serta pihak yang memiliki preferensi politik tertentu.

Baca Juga :  Ini Profil Achmad Marzuki yang Dilantik jadi Pj Gubernur Aceh

“Mencegah terjadinya perlanggaran setiap tahapan pemilihan umum. menegakkan kode etik dan tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk menyukseskan dan meningkatkan kualitas Pemilihan Umum, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kemandirian, imparsial, nonpartisan dan adil,” paparnya.

Selain itu, mengambil kebijakan-kebijakan Komisi Independen Pemilihan Kabupaten Aceh Tamiang secara kolektif kolegial dalam rapat pleno.

“Apabila kami melanggar apa yang tercantum dalam Fakta Integritas ini, kami bersedia dikenakan sansi moral, saksi administrasi dan dituntut sesuai ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,” pungkas Rusli, Anggota KIP Aceh Tamiang Priode 2023-2028.[]

banner 300250