Akibat Terlilit Hutang Rp 90 Triliun PT Waskita Karya akan Jual 6 Ruas Tol

Jakarta, TERASMEDIA.NET – PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) saat ini tengah memproses pelepasan saham atau divestasi atas enam ruas tol yang dikelola perusahaan tersebut, demikian dikatakan Wakil Menteri (Wamen) BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Kamis (08/07).

Dikutip dari cnbcindonesia, Wamen BUMN mengatakan, emiten BUMN Karya PT Waskita Karya tengah memproses pelepasan saham atau divestasi atas enam ruas tol dan targetnya akhir tahun ini divestasinya selesai. Dilakukannya divestasi ini sebagai upaya pihak perseroan untuk mengurangi utang yang mencapai Rp 90 triliun.

“Saat ini restrukturisasi dilakukan menyeluruh, saat ini PT Waskita Karya sedang divestasi ruas yang selesai di awal tahun, Waskita Karya terdapat 18 ruas yang dikerjakan, 5 ruas dari mereka sendiri dan 13 diambilalih swasta. Dan saat ini 5 ruas dijual investor asing dan domestik,” kata Tiko, dalam Raker Kementerian BUMN dengan Komisi VI DPRRI di Jakarta, Kamis ini (08/07).

Baca Juga :  Warga Temukan Mayat Tanpa Kepala di Perairan Pulo Aceh

“Saat ini sedang ada 6 ruas lagi yang akan divestasi, harapannya pada akhir tahun ini bisa selesai, apabila sudah divestasi maka utang Waskita Karya Rp 90 triliun akan turun setengahnya, ini jadi penting untuk mengubah keadaan keuangan Waskita. Tapi kita butuh penyertaan modal negara (PNM) menyelesaikan proyek tol lain yang di-pipeline,” tegasnya.

Dalam rapat tersebut dikemukakan, bahwa Waskita Karya menjadi satu dari 12 BUMN yang diajukan mendapatkan PMN, dan Menteri BUMN Erick Thohir mengusulkan PMN kepada BUMN senilai Rp 72,45 T pada APBN 2022 yang akan datang.

Sedangkan untuk Waskita Karya sendiri diusulkan untuk mendapatkan PMN senilai Rp 3 triliun. [] Red/cnbcindonesia

banner 300250