Gempa Dahsyat Turki Lebih 20 Ribu Orang Meninggal dan 80 Ribu Orang Terluka

Ankara, TERASMEDIA.NET – Gempa dahsyat yang meluluh lantakkan dua negara Timur Tengah Suriah dan Turki, senin (06/02/2023) telah menelan korban yang tidak sedikit.

Dilansir kantor berita Xinhua, korban meninggal dunia di Turki telah mencapai angka 20.213 orang. Sementara jumlah korban yang luka-luka mencapai 80.052 orang. Jumlah angka yang meninggal dunia maupun yang luka-luka ini merupakan angka sementara.

Jumlah korban gempa Suriah-Turki ini kemungkinan akan terus bertambah seiring penanganan dan evakuasi yang dilakukan pemerintah Turki dan bantuan negara-negara lainnya.

Untuk sementara menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Kedaruratan Turki menyebutkan, korban bencana gempa yang telah dievakuasi telah mencapai lebih 80.000 orang. Jumlah ini berasal dari beberapa provinsi yang terdampak gempa.

Baca Juga :  Bukit Awan Tamiang Punya Potensi Jadi Destinasi Agrowisata

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan, akibat besarnya dampak dari gempa ini menyebabkan pemerintah sedikit lamban dalam penanganan korban maupun evakuasi yang dilakukan.

Belum lagi saat ini ditambah lagi dengan konflik yang terjadi antar warga akibat menipisnya stok makanan, pasokan air bersih juga habis dan orang-orang terdampak bencana gempa ini keluar masing-masing untuk mencari makanan dan air bersih yang memicu bentrokan antar warga dan kelompok.[]***

banner 300250