Hasil Survei Voxpol Anies Baswedan Tertinggi untuk Capres 2024

Jakarta, TERASMEDIA.NET – Hasil survei terbaru yang dirilis Voxpol Center Research and Consulting terkait calon presiden 2024 menempatkan Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, tertinggi di klaster kepala daerah dengan 29,1 persen.

Pangi Syarwi Chaniago, Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Sabtu (3/7), kalau dari kalster kepala daerah itu Anies Baswedan 29,1 persen,” ungkapnya.

Sedangkan pada urutan kedua adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 28,2 persen, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 14,4 persen, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada peringkat berikutnya dengan 3,3 persen.

Menurutnya, sedangkan yang lainnya, berada di bawah 2 persen dengan menyisakan undecided votersnya pada 21,0 persen,” ujarnya.

Baca Juga :  Selama 7 Bulan ASN Pemerintah Aceh telah Sumbangkan 8.115 Kantong Darah

Voxpol Center Research and Consulting tidak hanya melakukan surveu dari klaster kepala daerah, tetapi Voxpol dalam surveinya terbarunya juga melalkukan survei elektabilitas pada klaster Ketum Parpol.

Hasil survei yang dilakukan terhadap Ketua Umum Partai Politik, menempatkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo dengan hasil 33,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (Ketua Umum Partai Demokrat) pada urutan kedua dengan 12,5 persen, Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP) urutan ketiga 8,9 persen.

Selanjutnya Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto 4,7 persen, Ahmad Syaikhu (Ketum PKS) sebesar 4,4 persen, dan Muhaimin Iskandar (Ketum PKB) sebesar 2,4 persen.

Survei dilakukan Voxpol menggunakan metode wawancara melalui telepon dengan metode mutistage random sampling, dengan pengambilan data survei dilakukan pada periode tanggal 22 Juni-1 Juli 2021.

Baca Juga :  Partai NasDem Tepis Anggapan PSI Anies Intoleran

Jumlah responden yang dilibatkan dalam survei ini sebanyak 1.200 responden dari 34 provinsi, dan tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error +/- 2,83 persen. [] ROL

banner 300250