KIP Aceh Tamiang Gelar Simulasi Pemilihan Pemungutan Suara

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – KIP (Komisi Independen Pemilihan) Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh gelar Simulasi pemungutan, penghitungan dan rekapitulasi hasil perolehan suara serta penggunaan aplikasi sirekap pada pemilu 2024, Selasa (30/1/2024).

Sekretaris KIP Aceh Tamiang, Ahmad Yuhardha mengatakan, sebelumnya telah dilakukan sumpah janji dan mendatangkan pemilih di bilik suara, untuk mensimulasikan pemilihan.

“Simulasi ini juga untuk mengetahui jika ada hambatan selama proses pemilihan berlangsung di hari pemilihan nantinya,”ucapnya.

Lebih lanjut, simulasi melibatkan 583 orang yang terdiri dari undangan ketua partai, ketua PPK dan anggota, ketua PPS dan anggota, ketua dan anggota KPPS Desa Bundar.

“Peserta pemilihan di simulasi berasal dari warga Desa Bundar sebanyak 252 peserta,”ujar Yuhardha

Baca Juga :  Jusuf Kalla Bekukan Kepengurusan PMI Kota Banda Aceh

Sementara itu, Plt Sekretaris Daerah, Drs. tri Kurnia menjelaskan, moment ditanggal 14 ini adalah masa depan Indonesia, untuk itu kita pertaruhkan jiwa, raga dan waktu untuk mensukseskan pemilu 2024 ini.

“Kita terus menjaga kondusifitas dan penyelenggaraan pemilihan untuk tertib dan damai, karena ditentukan satu hari pada pemilihan dan juga untuk menghindari terjadinya gesekan serta penyimpangan yang menghambat pemilu serentak 2024,”sebutnya.

Tentunya, kata Plt. Sekda, semua proses pemilu terpantau seluruh elemen masyarakat, untuk itu kita harus betul-betul dan serius dalam pemilu ini.

“Selain itu, simulasi ini sebagai pembelajaran dan sebenarnya akan terjadi ditanggal 14 Februari. Untuk itu butuh partisipasi seluruh komponen baik partai politik, panwas dan KIP untuk mengawasi penghitungan suara dan rekapitulasi,”ungkap Tri Kurnia.

Baca Juga :  Becak Panser dan Jetor jadi Alat Transportasi saat Banjir di Kampung Durian

Dikesempatan yang sama, Ketua KIP Aceh Tamiang, Rita Afrianti menyebutkan, simulasi ini bertujuan agar pelaksanaan pemilu nantinya dapat berjalan dengan sukses tanpa hambatan dan simulasi adalah bagian dan pembelajaran dalam pemungutan suara saat pemilihan suara pada 14 Februari 2024 nantinya.

“Tentunya dukungan serta bantuan dari semua pihak baik pemerintah daerah, TNI polri, Masyarakat, pengawas pemilu dan jajaran KIP agar dapat berkerja sama dengan kondisi yang kondusif dan persiapan yang dilakukan merupakan ikhtiar bersama untuk pemilu jujur dan bermartabat,”pungkasnya.[]

banner 300250