Perkuat Kredibilitas Pendidikan, UST Terjunkan Mahasiswa PPL PPG Prajabatan

Sleman, TERASMEDIA.NET – Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan yang wajib ditempuh oleh peserta PPG (baca : mahasiswa PPG) dari berbagai program studi. Program ini dilakukan untuk perkuat kredibilitas dan memberikan kesempatan kepada mahasiswa, khususnya yang sudah lulus S1 untuk mendalami dan memantapkan kompetensinya sebagai guru bidang studi.

Biasanya PPL dari Universitas sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) berlangsung selama 1 tahun. LPTK adalah perguruan tinggi negeri atau swasta yang ditunjuk pemerintah untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Setelah berakhirnya kegiatan Program Kependidikan (PK) atau PPL mahasiswa S1 dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, SD N Perumnas Condong Catur Sleman saat ini menerima peserta PPG Prajabatan dari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST).

Baca Juga :  Yuk Kenali Gangguan Belajar pada Anak

Sebanyak 6 (enam) mahasiswa dari program studi PGSD. Para mahasiswa PPL Gelombang 1 2024 PPG Prajab UST ini ternyata dari berbagai perguruan tinggi. Ada yang dari Universitas Sains Al-Qur’an, Universitas Muhammadiyah Magelang, Universitas Negeri Yogyakarta dan Institut Islam Nahdlatul Ulama Temanggung.

Keenam mahasiswa PPL 1 PPG Prajab UST ini didampingi Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Endah Marwanti, M.Pd. Penyerahan atau serah terima dilaksanakan pada Senin (29/01/2024) di ruang tamu SD N Perumnas pukul 09.00 WIB. Kedatangan PPL PPG Prajabatan dari Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa disambut baik oleh pihak sekolah, ada Kepala Sekolah Indah Lestari., M.Pd., Rizal dan Ibu Citra selaku koordinator dan guru pamong PPL Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Baca Juga :  Lestarikan Sumber Air di Gunung Arjuna, Cargill Tanam 5000 Pohon

Menurut informasi dari DPL kegiatan pokok Mahasiswa adalah asistensi pembelajaran dan praktik mengajar terbimbing dalam memperkuat kredibilitas pendidikan.

“Semoga dengan hadirnya para mahasiswa PPL Gelombang 1 PPG Prajabatan 2024 dari Universitas Sarjana Wiyata Tamansiswa ini dapat perkuat kredibilitas dan meningkatkan kinerja dan motivasi baik bagi siswa maupun para guru. Bagi mahasiswa UST sendiri, semoga di SD Perumnas Condong Catur ini para mahasiswa bisa belajar banyak hal sebelum mereka benar benar menjadi guru di sebuah sekolah”, pungkas Endah.

Akhir kata, semoga kerjasama ini masih bisa berlanjut di masa-masa yang akan datang dan memberikan warna baru bagi sekolah dan para siswa.[] Iis Narahmalia

banner 300250