Laboratorium Komputasi dan Analisis Data FISIP Unimal Gelar Workshop Mendeley

Lhokseumawe, TERASMEDIA.NET – Laboratorium Komputasi dan Analisis Data Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh menggelar workshop aplikasi Mendeley bagi mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir (Skripsi), Selasa, (31/10/2023).

Kegiatan ini diikuti oleh 25 mahasiswa yang berasal dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Pembicara merupakan Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Malikussaleh, Mursalin, S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutannya, Kepala Laboratorium Komputasi dan Analisis Data, Muhammad Ali, S.Ag., M.Si mengatakan bahwa workshop aplikasi Mendeley sangat membantu mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir (Skripsi).

“Aplikasi Mendeley merupakan software manajemen referensi yang digunakan dalam Microsoft Word oleh penulis dalam menuliskan sitasi (kutipan)”, terangnya Muhammad Ali saat membuka acara.

Baca Juga :  Wisata Kuala Bulutan Aceh Tamiang

Lanjutnya, kegiatan workshop Mendeley berseri ini akan dilakukan secara rutin, setiap Selasa pada Laboratorium Komputasi dan Analisis Data untuk membantu mahasiswa menggunakan aplikasi tersebut dalam penyusunan skripsi.

“Kegiatan ini sangat membantu untuk menata kutipan serta referensi yang terintegrasi langsung dengan Microsoft Word,” tambahnya.

Menurut pemateri, Mursalin, S.Pd., M.Pd memaparkan bahwa aplikasi Mendeley juga memudahkan dalam mencari dan menemukan artikel jurnal yang relevan dengan bidang kajian yang dituliskan mahasiswa. Artikel relevan ini dapat dijadikan sebagai penelitian relevan untuk referensi pendukung.

Kegiatan workshop Mendeley berseri Bath-I ini mendapat respon positif dari perserta, karena kemudahan aplikasi Mendeley dalam mengatur referensi tanpa perlu harus ketik secara manual, referensi akan tersusun secara alfabet lengkap dengan nomor DOI artikel.

Baca Juga :  Gubernur Aceh Nova Iriansyah Setujui Pengunduran Diri Kepala BPKA

Mendeley berfungsi untuk mencari literatur yang relevan, serta untuk menyimpan referensi dan informasi bibliografi pada database, serta membantu penulisan sitasi dan daftar pustaka dengan menggunakan format tertentu misal APA, dan IEEE,” terang Mursalin yang juga aktif dalam pengelolaan jurnal ilmiah.

Dalam kegiatan itu, pemateri membimbing peserta secara langsung, mulai dari proses pengenalan aplikasi Mendeley, penginstalan Mendeley, pengelolaan referensi ilmiah, hingga sitasi dan pengaplikasian Mendeley untuk membuat kutipan dan pembuatan daftar pustaka.

“Harapannya melalui workshop ini akan melahirkan tugas akhir mahasiswa yang berkualitas didukung dengan referensi yang bereputasi dari jurnal-jurnal internasional,” ungkap Kalab Komputasi, Muhammad Ali.[] MA/TM

banner 300250