Mahasiswa PGMI INISNU Dibekali Bimtek Keamanan Pangan

Tamanggung, Terasmedia.net – Mahasiswa PGMI INISNU Temanggung mengikuti bimbingan Teknis “Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)” yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung pada Senin-Selasa (28-29/06/21) di Omah Kebon.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningktakan UMKM di kabupaten Temanggung yang membahasa mengenai berbagai produk rumah tangga yang baik untuk PIRT dengan berbagai syarat agar dihasilkan produk yang aman dan bermutu.

Ketua Badan Balai Besar Badan POM Semarang, Dra. Eni Yuniarti, A.Pt via zoom menyampaikan terkait Pedoman Sertifikat Perizinan Industri Rumah Tangga.

Menurutnya, “Perizinan tersebut sangat diperlukan dalam menjamin kualitas mutu dan keamanan pangan akan sebuah produk dalam proses pemasaranya, karakterstik bahan pangan yang penting diperhatikan seperti halnhya bahaya mikrobiologi, fisik, dan kima yang terkandung,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemerintah Aceh Salurkan Bantuan UMKM Rp. 27,5 Milyar, Ini Cara Mendapatkannya

Sementara itu, narasumber lainnya Astiti Kusuma Ningrum, S.Tp., mengatakan, bahwasanya Pengetahuan mengenai prinsip proses pengolahan dan pengawetan pangan mulai dari tahap persiapan dan pengolahan yang biasanya terekap di IRPT seperti pengeringan, penggorengan fermentasi dan lain-lain perlu menjadi hal utama dalam mendukung proses pembuatan produk tersebut agar mdenghasilakan prodak sesuai standar Teknologi Pangan dan Bahan Tambahan Pangan (BTP).

Di hari terakhir pelatihan tersebut juga diadakan postest yang dilakukan oleh peserta bimbingan Teknis “Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Pangan Industri Rumah Tangan (PIRT) selama 15 menit dengan 30 buah soal pengujian yang dikerjakan para peserta sebagai bentuk pemahaman dalam mengikuti bimbingan tersebut.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Didampingi Mentan SYL Lakukan Percepatan Tanam Padi di Tuban

“Terkait standar halal yang diperlukan sebagai kelayakan produk tentunya sesuai dengan keputusan MUI (Majelis Ulama Indonesia)”, tambah Bapak Agus Sutopo.

Dalam mengikuti bimbingan teknis keamanan pangan bagi pelaku usaha industri rumah tangan pangan (IRTP) mahasiswa juga perlu mengetahui berbagai teknis dan ketentuan akan keamanan, label, sampai iklan dan pemasaran. []

Liputan : Iis Narahmalia

banner 300250