Objek Wisata Pantai Pusong Cium di Aceh Tamiang

tempat ini merupakan konservasi penangkaran satwa langka Penyu atau tuntong

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET — Objek Wisata Pantai Pusong Cium ini berlokasi di Kecamatan Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, tempat ini merupakan konservasi penangkaran satwa langka Penyu atau tuntong.

Desa Pusong Kapal yang terletak di Kecamatan Seruway merupakan sebuah desa wisata pelestarian dan konservasi spesies tuntong yang saat ini mengalami penurunan populasi dan hampir punah diakibatkan kerusakan ekosistem mangrove yang menjadi habitatnya.

Dengan jarak tempuh 55 Kilometer dari Ibukota Kabupaten Aceh Tamiang, Pantai Pusung Cium juga dikelilingi hamparan pasir putih nan indah serta rindangnya pohon manggrove.

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di pantai ini antara lain adalah menikmati sejuknya udara pesisir. Jika mengunjungi kawasan ini sore hari, pantai ini seolah menjadi oase dari panasnya daerah kota karena memberikan udara sejuk dan pemandangan indah pesisir pantai dengan pohon cemara yang menjulang. Wisatawan dapat menikmati pemandangan laut dan deburan ombak sambil duduk-duduk di tepi pantai atau bermain-main dengan pasir putih. Menikmati sejuknya udara pantai juga bisa dilakukan dengan beragam cara. Umumnya, banyak pengunjung yang melakukan jogging, bersepeda, hingga bermain air.

Baca Juga :  Tren Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tetap Tinggi

Kadispora Aceh Tamiang Muhammad farij mengungkapkan, promosi pariwisata dapat diinformasikan lebih cepat dan mudah melalui medsos, agar menjangkau masyarakat yang lebih luas, sehingga diharapkan dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan peningkatan pendapatan asli daerah, “promosi tempat wisata ini memalui medsos seperti Facebook, twiter, ig, youtube dll akan lebih cepat dan tepat sasaran karena ini era digital” katanya, (23/04/2024).

Dan apabila kita sedang beruntung kita akan melihat pelepasan tukik atau anak penyu laut yang sangat langka dan hewan yang sangat dilindung didunia karena diambang kepunahan yaitu “Tuntong Laut” yang kabarnya cuma satu satunya didunia yaitu di Indonesia dan cuma ada di Aceh Tamiang ini, wow. []

Baca Juga :  Pemkab Aceh Tamiang Hari ini Lantik 304 Pejabat Fungsional

 

banner 300250