oleh

Peningkatan Mutu Sekolah PAUD dengan Kelas Tahfidz

Sekolah tahfidz sekarang ini memang menjadi daya tarik tersendiri, karena selain mendapatkan ilmu umum, juga mendapat pendidikan berbasis agama. Tak pelak sekolah – sekolah menjadi banyak peminatnya. Banyak sekolah berbasis tahfidz memiliki siswa ratusan, padahal biaya yang dikeluarkan untuk pendidikan juga tidak murah. Begitu juga pada sekolah PAUD, sekarang ini banyak sekolah-sekolah PAUD membuka kelas Tahfidz, karena mengajarkan anak menghafal Alquran memang harus dimulai sejak dini. Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan dasar

Mencetak henerasi Qur’ani memang harus dimulai sejak dini, karena Memiliki anak seorang hafidz adalah impian setiap orang tua, tetapi terkadang sebagai orang tua bingung mau mulai dari mana. Dan terkadang orang tua sibuk dengan aktivitasnya sehingga tidak ada waktu untuk mengajari anak untuk menghafal. Memasukkan anak ke pesantren memang bagus tetapi jika anak masih kecil dan belum mandiri lalu bagaimana? Terkadang pertanyaan-pertanyaan seperti itu terlintas dalam pikiran orang tua, belum lagi di era yang seperti sekarang ini jika anak tidak dibekali dengan pengetahuan agama yang kuat takutnya akan terjerumus dengan pergaulan bebas yang semakin meresahkan.karena hal tersebut membuat banyak orang tua yang berminat memasukkan putra putrinya dalam sekolah yang berbasis tahfidz.

Menerapkan kelas tahfidz dalam sekolah bukanlah perkara yang mudah, karena kita harus mencari pendidik yang memang expert di bidang baca tulis Al-Qur’an, idealnya pengajar kelas tahfidz adalah seorang hafidz, kalaupun tidah ada guru yang hafal Al-Qur’an minimal guru yang mempunyai bacaan Al Quran yang bagus, baik makhraj ataupun tajwidnya, hal itu dikarenakan apabila kita salah dalam mendidik pada awalnya akan berakibat fatal kedepannya. Hal ini harus menjadi perhatian khusus madrasah yang akan membuka kelas Tahfidz. tetapi jika dilihat animo masyarakat dan memang banyak peminatnya maka lebih baik untuk dicoba, karena hal ini dapat meningkatkan jumlah siswa yang masuk di sekolah kita.

Madrasah yang membuka kelas Tahfidz memang harus selalu konsisten dan matang dalam menentukan jadwal menghafal, murojahah dan evaluasinya. Walaupun pada madrasah paud hafalan nya masih sebatas hafalan juz 30 ataupun juz amma. Terbukti di madrasah kami tiap tahun membuka kelas Tahfidz dan ternyata banyak peminatnya. Karena keterbatasan pendidik sehingga tiap tahun madrasah kami hanya membuka satu kelas saja.

Hal ini menjadi evaluasi untuk madrasah kami untuk mencari tambahan pendidik untuk kelas Tahfidz, sebelum masuk ke kelas tahfid biasanya akan melalui seleksi terlebih dahulu, yaitu tes hafalan tiga surat terakhir surat al ikhlas, an nas, al falaq, selanjutnya ada tes wawancara dalam wawancara tersebut guru akan memastikan bahwa anak yang akan masuk kelas Tahfidz benar-benar atas kemauan sendiri dan tidak di paksa, kalaupun atas kemauan orang tua tetapi dipastikan anak memang menar-benar mau. Karena jika anak tidak mau hal ini akan mengkambat dalam hafalannya. Menghafal Alquran memang bukan perkara yang mudah karena itu menghafal Alquran seharusnya dengan perasaan yang bahagia.

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang paling penting dalam kehidupan seorang anak karena pada masa ini anak mengalami perkembangan yang pesat, sehingga menjadi waktu yang sangat tepat untuk mengajarkan pondasi agama yang kuat untuk anak. Anak usia dini cenderung cepat dan mudah dalam menghafal, seperti pepatah kuno yang menyatakan belajar di usia muda bagaikan mengukir diatas batu sedangkan belajar diusia tua bagaikan menulis di atas pasir.[]***

Pengirim :
Novia Arinan Najakh, Mahasiswa PIAUD INISNU Temanggung, email : noviaarinannajakh@gmail.com

banner 300250