Peternak Aceh Utara Dibekali Cara Pengolahan Pakan Konsentrat

Aceh Utara, TERASMEDIA.NET – Peternak di Kabupaten Aceh Utara yang bernaung dibawah Kelompok Tani Ternak dibekali tata cara pembuatan pakan ternak, Minggu (04/07). Pelatihan pembuatan pakan ternak ini diprakarsai oleh salah seorang Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kabupaten Aceh Utara yang juga merupakan anggota Asosiasi Ilmu Nutrisi Indonesia (AINI) Aceh yaitu Rahmat Kartolo, S.Pt, M.Pt.

Dalam rilis yang diterima Terasmedia.net, disebutkan Asosiasi Ilmu Nutrisi Indonesia (AINI) Cabang Aceh yang di ketuai oleh Prof. Dr. Ir. Samadi, M.Sc., menyambut positif kegiatan pembuatan pakan ternak ini.

Kegiatan yang diikuti oleh 25 peternak ini dibuka oleh Ketua Asosiasi Peternak Indonesia (APETINDO) drh. Muzakir, bertempat Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Saboh Hate Desa Lancang Barat Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara.

Baca Juga :  Seorang Santri di Aceh Utara Korbankan Nyawanya untuk Selamatkan Teman

Dengan diselenggarakan kegiatan ini, diharapkan para peternak yang mengikuti kegiatan ini dapat menimba ilmu sekaligus meningkatkan keterampilan untuk mengolah pakan sehingga dapat membantu ketahanan pakan di saat sumber pakan sulit diperoleh.

Kegiatan Ini menghadirkan tiga orang pemateri yaitu drh. Muzakir (Ketua APETINDO Aceh Utara), Rahmat Kartolo, S.Pt, M.Pt (Penyuluh Pertanian Lapangan Dari Dinas Pertanian dan Pangan Kab. Aceh Utara/Anggota AINI Aceh), Ir. Suryani, M.Pt (Dekan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Islam Kebangsaan Indonesia/UNIKI).

Dalam pelatihan ini peternak diajarkan cara pembuatan pakan konsentrat untuk ternak ruminansia, pembuatan mineral block, pembuatan amoniasi jerami padi dan cara fermentasi rumput. Pelatihan ini dikemas dengan cara pemberian ceramah, diskusi dan praktik langsung pembuatan pakan.

Baca Juga :  Lifter Nurul Akmal : Saya Menang Olimpiade, SEA Games, Satu Ucapan Selamat Pun Tak Ada

Para peternak terlihat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan ini karena dapat menambah ilmu dan menambah keahlian dalam pembuatan pakan ternak secara mandiri yang akhirnya akan berdampak terhadap ketahanan pakan.

drh. Muzakir selaku Ketua ASPETINDO Aceh Utara mengharapkan kepada para peternak setelah mengikuti pelatihan pakan ini peternak dapat mandiri dalam penyediaan pakan untuk kebutuhan pakan ternaknya. Sementara Kadis Pertanian dan Pangan Aceh Utara Bapak Ir. Erwandi M.Si sangat mendukung pelatihan yang dilaksanakan oleh APETINDO yang bekerjasama dengan P4S Saboh Hate karena sangat berguna dalam peningkatan SDM Petani Peternak. [] Redaksi

banner 300250