oleh

Terkait Pembentukan Reusam Wali Nanggroe, Forum Mukim Atam Minta Penguatan Lembaga Mukim

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Tuha Lapan Wali Nanggroe menyelenggarakan kegiatan Penyerapan Aspirasi Masyarakat terkait Rencana Pembentukan Reusam Wali Nanggroe, Kamis (22/09/2022).

Kegiatan penyerapan asprisi warga tersebut dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kampung Upah Kecamatan Bendahara.

Pada kesempatan itu, Ketua Forum Mukim Aceh tamiang Amriadi, BA meminta Wali Nanggroe untuk melakukan penguatan terhadap Lembaga Mukim.

Amriadi, BA kepada Terasmedia.net mengatakan, pada kegiatan tersebut, semua tokoh adat, agama dan tokoh masyarakat sangat sepakat kalau lembaga mukim harus diberdayakan semaksimal mungkin dalam rangka mewujudkan Aceh yang bermartabat sesuai dengan kekhususannya.

Sebelumnya pada (02/03/2022) yang lalu, kepada media ini Amriadi BA mengatakan, kedudukan tugas dan fungsi Mukim sesuai dengan qanun Nomor 04 tahun 2003 tentang Pemerintah Mukim, jelas mukim mempunyai peranan yang sangat penting.

Untuk itu, lembaga mukim perlu dikuatkan dengan regulasi yang mendukung keberadaan Lembaga Mukim serta dukungan anggaran yang memadai. Karena menurutnya, lembaga mukim adalah lembaga kekhususan Aceh yang harus dijaga bersama.

Kegiatan ini ikut dihadiri oleh Cut Husna SH dan Fauzan SH dari unsur bagian Hukum Khatibul Wali serta T. Khairuddin dan T. Bakri dair unsur Tuha Lapan Wali Nanggroe.[]***

banner 300250