Universitas Syiah Kuala akan Kukuhkan 3 Profesor Baru

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh padan Desember ini kembali akan mengukuhkan tiga profesor baru. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset dan Teknologi terkait status tiga dosen USK tersebut untuk menjadi profesor.

Sebaagimana dilansir dari laman unsyiah.ac.id, adapun ke 3 dosen USK yang akan dikukuhkan tersebut adalah Dr. Nyak Amir, S.Pd., M.Pd dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Dr. Drs. Nurdin, M.Si dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Dr. dr. Syahrul , Sp. S(K) dari Fakultas Kedokteran.

Rektor USK Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., IPU., Asean.Eng menjelaskan, dengan pengukuhan tiga dosen USK ini menjadi profesor, maka USK saat ini memiliki 101 profesor. Dengan demikian, USK berhasil melampui target jumlah profesornya yaitu memiliki 100 profesor pada tahun 2021 ini.

Baca Juga :  Universitas Syiah Kuala Kerjasama dengan Tiga Perguruan Tinggi China

Rencananya, ketiga dosen USK tersebut akan menyampaikan orasi ilmiah sesuai dengan kepakarannya masing-masing pada pengukuhan Profesor nanti.

dr. Syahrul, akan membahas seputar tata laksana penanganan stroke secara komprehensif, baik di tingkat Puskesmas hingga Rumah Sakit dengan berbagai tipe. Risetnya ini diharapkan dapat menjadi panduan secara nasional. Karena selama ini belum ada panduan yang terpadu secara utuh untuk menangani penyakit tersebut.

Lalu Dr. Nyak Amir yang membahas sport science. Riset ini juga berkaitan erat dengan pendidikan fisik atau pembangunan keolahragaan. Melalui riset ini, Dr. Nyak Amir berupaya mendorong terwujudnya pembudayaan gerak di masyarakat sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Selanjutnya, Dr. Nurdin yang melakukan kajian senyawa organik dari alam untuk dapat dimanfaatkan. Risetnya ini membahas keterkaitan antara senyawa produk alami dengan aktivitas biologisnya. Risetnya ini dapat memberikan kontribusi penting untuk pertanian maupun dunia farmasi. []

banner 300250