Universitas Teuku Umar Gelar Perpisahan dengan Mahasiswa KOSASS University Putra Malaysia

Meulaboh, TERASMEDIA.NET – Dalam rangka mewujudkan visi kampus sumber inspirasi dan referensi, Universitas Teuku Umar berkolaborasi dengan Kolej Sultan Alaeddin Sulaeman Shah (KOSASS) University Putra Malaysia yang dijembatani oleh Pusat Center International Affair (CIA) mengadakan program Student Mobility. Program ini telah selesai dan ditutup pada Selasa (5/12/2023) di Auditorium GKT, Kampus UTU.

Student mobility ini diikuti oleh 22 mahasiswa dari KOSASS UPM. Dimana kegiatan ini dimulai pada 24 November 2023 lalu di Universitas Teuku Umar. Kegiatan ini merupakan kali pertama UPM dengan UTU yang melibatkan mahasiswa dari berbagai jurusan.

Prosesi perpisahan ini dihadiri Rektor yang diwakili Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, H Ibrahim Laweung HS, SKM., MNSc, Kabiro AKPK Rinaldi Iswan, ST., M.Sc, Korpus Center International Affair UTU Refanja Rahmatillah, M.App.Ling, serta turut hadir pula sejumlah Pejabat fungsional UTU lainnya.

Baca Juga :  Meriahkan HUT Aceh Tamiang ke 21, Forum Mukim Gelar Buka Puasa Bersama

Assoc Prof Dr Mohd Mursyid Arsyad selaku Pengetua KOSASS UPM dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Teuku Umar, khususnya CIA yang telah menerima pihaknya yang selalu mendampingi pada setiap kegiatan.

@IKLAN_2023

“Terima kasih banyak kepada pimpinan dan segenap civitas akademika Universitas Teuku Umar yang telah menerima kami, dan selalu mendampingi kami disetiap kegiatan,” ucap Prof Mursyid.

Mahasiswa yang dapat mengikuti program student mobility adalah mahasiswa yang memiliki jiwa kepemimpinan, aktif dalam akademik dan organisasi, serta memiliki suatu kemahiran. Kemahiran ini bisa dalam bidang kesenian, public speaking dan lain sebagainya.

“Dalam program ini, saya dipahamkan terlibat dalam program kampus dan di luar kampus. Mudah-mudahan ada sesuatu yang berharga setelah para mahasiswa mengikuti program student mobility ini,” ucap Prof. Mursyid.

Baca Juga :  Kawal Suara pada Pemilu 2024, Panwaslih Kota Banda Aceh gelar TOT Saksi Partai Politik

Sementara itu, Wakil Rektor III Ibrahim Laweung pada kesempatan itu menyampaikan permohonan maaf kepada rombongan Mahasiswa KOSASS UPM yang mungkin selama di UTU ada hal yang kurang berkenan, baik itu dari segi penjemputan, pelayanan dan lain sebagainya.

“Permohonan maaf kami kepada Mahasiswa Kolej Sultan Alaeddin Sulaeman Shah (KOSASS) Universiti Putra Malaysia yang mungkin selama di UTU ada hal yang kurang berkenan, baik itu dari segi penjemputan, pelayanan dan lain sebagainya,” ujar Ibrahim.

Korpus CIA UTU Refanja dalam sambutannya mengharapkan, agar hal itu menjadi permulaan yang baik untuk kerjasama dan kemitraan dimasa mendatang, dan kami tunggu kembali di Universitas Teuku Umar.

“Semoga kunjungan ini tidak menjadi yang pertama dan mudah-mudahan menjadi permulaan yang baik untuk kerjasama dan kemitraan di masa mendatang, dan kami tunggu kembali kehadirannya di UTU,” ungkap Refanja.

Baca Juga :  Pasien Covid-19 di Aceh Tamiang Bertambah 27 Orang dalam Sehari

Selama di UTU, banyak kegiatan kolaborasi yang dilakukan antara mahasiswa UTU dengan KOSASS UPM. Diantaranya, adalah kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), kunjungan pengabdian ke panti asuhan, kunjungan pengabdian ke kampung nelayan, pentas tari budaya, pertandingan olahraga, field trip, bakti sosial ke sekolah, diskusi mahasiswa, dan lain sebagainya.

Rombongan KOSASS UPM selanjutnya akan menghabiskan tiga hari di Banda Aceh sebelum bertolak kembali ke Malaysia. Mereka akan berkunjung ke Universitas Syiah Kuala, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, dan Universitas Abulyatama, serta tempat-tempat bersejarah dan wisata yang ada di ibukota provinsi Aceh tersebut.[] Aduwina Pakeh/Humas UTU

banner 300250