USK Aceh Sediakan Kuota 35% Jalur Mandiri, Ini Jadwal Pendaftaran

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – USK (Universitas Syiah Kuala) menyediakan kuota sebanyak 35% untuk calon mahasiswa baru jalur mandiri melalui Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN-Barat) tahun 2024.

Proses pendaftaran Seleksi Mandiri ini dimulai dari tanggal 4 Mei 2024 pukul 15:00 WIB sampai 20 Juni 2024 pukul 16:00 WIB, melalui laman resmi SMMPTN-Barat yaitu https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan cara memasukkan seluruh data yang diperlukan secara benar.

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan mengatakan, tahun ini USK telah menyediakan kuota untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025 sebanyak 10.240 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Adapun rinciannya adalah 30% untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), 35% jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan 35% untuk jalur Seleksi Mandiri.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Terima Mushaf Al-Quran dari Rektor Universitas Sains Al-Qur'an

Terkait hal ini, Rektor mengatakan dua jalur seleksi lainnya yaitu SNBP telah diumumkan hasil seleksinya. Lalu untuk jalur SNBT sedang berlangsung proses seleksinya hingga tanggal 7 Mei 2024 mendatang.

Untuk itulah, Rektor mengingatkan kepada calon mahasiswa baru untuk bisa memanfaatkan kuota jalur mandiri yang telah Universitas Syiah Kuala sediakan ini dengan sebaik mungkin. Sebab jalur mandiri adalah jalur terakhir bagi calon mahasiswa baru yang ingin menempuh pendidikannya di perguruan tinggi negeri.

“Khusus Universitas Syiah Kuala, kami sediakan kuota 35% untuk jalur mandiri ini. Jadi segeralah mendaftar dan pilihlah prodi sesuai minat dan bakat kalian,” ucap Rektor.

Selain itu, pada tahun ini pula USK menyediakan kuota sebanyak 10% beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah khusus untuk jalur mandiri. Untuk diketahui, USK merupakan perguruan tinggi dengan pengelolaan beasiswa KIP K terbaik di Indonesia. Dan pada jalur SNBP tahun ini, USK merupakan PTN peringkat pertama dengan pelamar beasiswa KIP K yang lulus melalui jalur SNBP terbanyak di Indonesia yaitu 1.744 peserta.

Baca Juga :  Gelar Operasi JAGRATARA, Imigrasi Baubau Beri Efek Cegah Terhadap Orang Asing

“Alhamdulillah, capaian ini merupakan sebuah kebanggaan bagi USK. Untuk itulah, kami berharap kuota 10% KIP K jalur mandiri ini, mudah-mudahan menjadi jalan kesuksesan bagi anak-anak kita di USK nantinya,” ucap Rektor.

Untuk informasi lengkap terkait tahapan seleksi jalur mandiri ini dapat dilihat pada laman resmi USK. Atau menghubungi call center Humas USK pada nomor 0811-6752-000.[]

banner 300250