Wisata Sejarah Bukit Kerang di Aceh Tamiang

Bukit Kerang adalah situs purbakala zaman Mesolitikum yang terdapat di Kabupaten Aceh Tamiang

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Wisata sejarah Bukit Kerang di Aceh Tamiang memang menjadi salah satu tujuan favorit masyarakat Aceh. Indonesia memang negara yang kaya! Tidak hanya terkait sumber daya alam, tapi juga tempat wisata sejarahnya. Berbagai sudut di negeri ini menyimpan rekam jejak sejarah yang tetap eksis dan terawat hingga saat ini.

Mengunjungi tempat bersejarah pun menawarkan sensasi tersendiri. Tidak sekadar berlibur dan menenangkan pikiran, kamu pun berkesempatan untuk mendalami perjalanan bangsa dan meningkatkan perasaan cinta tanah air.

Wisata sejarah ini terletak di Lorong Pintu Air Kampung Mesjid, Sungai Iyu, Kec. Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang. Tempat wisata sejarah ini sampai sekarang masih banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Baca Juga :  Navigasi Krisis: Mengatasi Tantangan dengan 8 Teori Komunikasi Krisis Terkemuka

Menurut Kadisparpora Aceh Tamiang, Muhammad Farij, untuk mencapai lokasi ini tidaklah memakan waktu yang lama, kalau berangkat dari pusat dari Kota Kualasimpang hanya memakan waktu 1 hingga 2 jam perjalanan memakai kendaraan, lebih kurang 30 kilometer.

Bukit Kerang adalah situs purbakala zaman Mesolitikum. Situs ini membentang sekitar 120 kilometer ke Tembung, bagian dari Medan di Sumatera Utara, di bagian selatan Kabupaten Aceh Tamiang.

Melalui penelitian yang dilakukan oleh Boedhisampurno (1985: 975) atas fosil yang dikirim McKinnon dari situs Bukit Kerang Sukajadi, Langkat, diketahui bahwa jumlah individunya 12 orang. Mereka sudah dewasa dengan umur rata-rata antara 20 – 40 tahun.

banner 300250