Akibat Alih Fungsi, Luas lahan Sawah di Aceh Barat Berkurang 4.000 Hektare

Aceh Barat, TERASMEDIA.NET – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat luas lahan sawah yang tersebar di 12 kecamatan di kabupaten setempat hingga tahun 2023 mencapai 10.154 hektare (Ha) dari luas lahan sebelumnya sekitar 14.000 Ha atau berkurang sekitar 4.000 hektare.

“Berkurangnya lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat ini terjadi akibat alih fungsi lahan di masyarakat,” kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Aceh Barat, Safrizal kepada ANTARA di Meulaboh, Kamis.

Menurut Safrizal, sebagian besar areal sawah produktif di Kabupaten Aceh Barat mengalami alih fungsi lahan menjadi perkebunan kelapa sawit, serta perkebunan lainnya.

Baca juga : Masyarakat Kemukiman Gunung Masjid Mohon Pembebasan HGU untuk Fasilitas Umum

Selain itu, adanya perluasan permukiman penduduk juga menjadi salah satu faktor berkurangnya lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat.

Safrizal mengatakan meski mengalami pengurangan lahan sawah, pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mencatat adanya peningkatan produksi padi di daerah itu mencapai sekitar 102.000 ton.

Baca juga : Buka Musrenbang Nasional 2023, Mentan Syahrul Perkuat Pertanian Hadapi Tantangan Global

Baca juga : Universitas Teuku Umar Buka Prodi Baru, S1 Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Menurutnya, adanya pengurangan lahan sawah di daerah ini dipastikan tetap akan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, mengingat saat ini luas lahan sawah di Kabupaten Aceh Barat masih sangat produktif dan bisa ditanami padi.

“Memang kita akui adanya pengurangan lahan sawah, namun kami pastikan lahan sawah di Aceh Barat masih bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” demikian Safrizal.[]

banner 300250