Bukan Hanya Sungainya yang indah Gunung Pandan Juga bisa Jadi Wisata Camping bagi Keluarga

Objek wisata pemandian sungai Gunung Pandan di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang selalu ramai oleh pengunjung

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Objek wisata pemandian sungai Gunung Pandan di Desa Selamat, Kecamatan Tenggulun, Aceh Tamiang selalu ramai oleh pengunjung, apalagi selama momen libur anak sekolah dan Hari Raya.

“Puncaknya pada hari sabtu dan minggu, tempat parkir semua penuh kendaraan mobil dan sepeda motor,” kata Amey, warga setempat di lokasi objek wisata, (02/02/24)

Selain pemilik salah satu warung di pemandian Gunung Pandan Amey juga menyewakan jasa ban kepada wisatawan seharga Rp10-20 ribu (ukuran ban kecil dan besar). Di Gunung Pandan juga tersedia barisan pondok-pondok yang disewakan Rp30 ribu/kotak.

Dia menuturkan sejak di Gunung Pandan ada fasilitas homestay dan pentas seni pengunjung tak pernah sepi. Sejumlah komunitas anak muda dan pecinta alam juga sering membuat acara camping di kaki bukit Gunung Pandan.

“Wisatawan yang nginap di homestay pernah ada yang dari Medan, Pematang Siantar, Lhokseumawe ada juga,” tutur Amey.

Baca Juga :  Apella FC Kalahkan Persilayar 4-2 dalam Lanjutan Turnamen Rustam Safari Cup

Salah seorang pengunjung Indra bersama keluarganya berencana akan camping di Gunung Pandan. Ia pun sudah menyiapkan segala perbekalan logistik untuk bermalam menikmati keheningan dan gemercik aliran sungai Gunung Pandan.

“Rencana kami mau ngecam, tidak sewah homestay karena penuh,” ucap Indra yang membawa istri dan tiga orang anaknya.

Pria yang akrab disapa Indra Dewa ini merupakan wisatawan lokal asal Karang Baru, Aceh Tamiang. Dia juga tergabung dalam komunitas mobil penjelajah Vitara Escudo Sidekick (VES) Aceh-Sumut. Keluarga besar VES Community Aceh-Sumut juga sudah beberapa kali menggelar pertemuan akbar di Gunung Pandan. Dipengujung libur Idul Adha 1443 H para pecinta mobil Suzuki ini punya agenda camping bersama.

“Dari Langsa ada tiga unit komunitas VES mau kemari juga. Sebagian ada yang ke pantai Leuge Peureulak, Aceh Timur,” ujar anggota VES asal Aceh Tamiang ini sambil sibuk memanggang sate.

Baca Juga :  Komnas HAM Dalami Keberadaan Irjen Ferdy Sambo saat Brigadir J Meninggal

Datok Penghulu (Kades) Desa Selamat Suherman setelah ada kelonggaran di masa pandemi COVID-19, Gunung Pandan kembali dibuka untuk wisatawan. Objek wisata alam andalan Aceh Tamiang ini setiap hari weekend ramai dikunjungi.

“Beberapa hari ini ada peningkatan jumlah pengunjung, mungkin karena hari libur bersamaan, anak sekolah masih libur kemudian momen Idul Adha,” kata Suherman alias Bejo.

Menurut Herman Bejo dalam pekan ini wisatawan meningkat tiga kali lipat dari hari biasanya. Mayoritas pengunjung Gunung Pandan berasal dari berbagai daerah mulai dari (lokal Aceh Tamiang), Kota Langsa hingga Pangkalan Berandan, Kabupaten Langkat.

Diakui datok Herman homestay Gunung Pandan yang selesai dibangun pada bulan Mei 2022 menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi wisatawan yang hobi bercamping menghabiskan waktu dengan keluarga dan teman sambil menikmati panorama alam.

“Saat ini baru ada dua rumah penginapan (homestay) di Gunung Pandan dengan tarif sewah Rp350 ribu per malam. Tapi beberapa hari ini homestay sering penuh,” ujar Suherman.

Baca Juga :  Panglima Laut Minta Polisi Tertibkan Penggunaan Pukat Trawl Mini di Aceh Barat

Sebagai informasi tambahan buat para travelling, lokasi Gunung Pandan yang berada di wilayah Kecamatan Tenggulun berjarak sekitar 34 kilometer dari Kota Kuala Simpang, ibu kota Kabupaten Aceh Tamiang, sedangkan dari Simpang Tiga Seumadam, Kecamatan Kejuruan Muda 24 kilometer.

Untuk tiba sampai ditempat bisa menggunakan kendaraan mobil dan sepeda motor dengan lintasan jalan aspal dan jalan bebatuan.

Disepanjang perjalanan masuk mulai Simpang Tiga Seumadam-Gunung Pandan pengunjung akan disuguhi pemandangan perkebunan kelapa sawit milik sejumlah perusahaan swasta, PTP Nusantara 1 maupun pribadi. Adapun biaya tiket masuk ke objek wisata Rp25 ribu untuk kendaraan roda empat/mobil dan Rp10 ribu untuk kendaraan sepeda motor plus parkir. Saat ini fasilitas umum yang ada di wisata pemandian Gunung Pandan terdiri dari dua unit homestay, pentas seni, mushola dan toilet berbayar untuk ganti pakaian.[]

banner 300250