Empat Objek Wisata di Aceh Tamiang Miliki Izin Pengembangan dan Lingkungan

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Empat objek wisata di Kabupaten Aceh Tamiang Provinsi Aceh telah memiliki izin pengembangan dan lingkungan UKL/UPL yakni Gunung Pandan, Air Terjun 1.000, Sangka Pane dan Pulau Rukui (pantai).

Menurut Muhammad Farij, Selasa (5/3/2024), diantara 4 objek wisata tersebut, salah satu yang sudah berjalan, pemandian gunung pandan yang berada di Kampung (Desa_red) Selamat Kecamatan Tenggulun dan direncakan pemerintah daerah akan bangun jembatan gantung untuk penyeberangan pengunjung.

“Untuk fondasi jembatan sudah ada satu titik, artinya tinggal dibangun satu titik lagi,” sebutnya.

Jika dikaji sumber airnya, sambung Farij, pemandian gunung pandan berasal dari aliran sungai Aceh Tamiang bagian kiri, tapi ada kendala yang sering terjadi pada sumber air itu, sebab jika banjir maka debit airpun ikut naik, begitupun sebaliknya jika kemarau maka airpun akan kering.

Baca Juga :  Antisipasi TPPO dan TPPM di Muna, Imigrasi Baubau Bentuk Desa Binaan

“Kendala itu, seharusnya dapat diantisipasi dengan membangun pintu air agar ketika kering, stock air di gunung bisa dibuka sehingga tidak mengalami kekeringan,”ungkap Kadisparpora.

Masih kata Kadisparpora Aceh Tamiang, dari destinasi wisata gunung pandan, tentunya menjadi roda perputaran ekonomi bagi warga sekitar, dari sewa tratak, jualan dan sebagainya.

“Dari segi pengelolaan, wisata gunung pandan langsung dikelola oleh Pokdarwis melalui BUMK Kampong,” ungkapnya.[]

banner 300250