Pasar Modal Syariah, Peluang dan Tantangan

Semarak Lembaga Ekonomi Syariah dan pasar modal syariah semakin meningkat. Berbagai peluang, mulai dari sumber daya manusia, infrastruktur, produk dan modal menjadi tantangan untuk bisa ditingkatkan. Indonesia menjadi negara muslim terbesar dunia akan mengalami tantangan dalam mengembangkan permodalan untuk menunjang kegiatan dan Lembaga ekonomi syariah lainnya.

Saat ini perkembangan ekonomi Islam di Indonesia mengalami perkembangan yang begitu signifikan. Hal ini dibuktikan dengan semakin maraknya bisnis – bisnis yang berbasis syariah di lembaga keuangan syariah seperti perbankan syariah, asuransi syariah bahkan ada juga ojek online yang berbasis syariah. Perkembangan ekonomi Islam pun diikuti oleh pasar modal dengan munculnya pasar modal syariah.

@IKLAN_2023

Prinsip dari pasar modal itu sendiri ialah kegiatan transaksi ekonomi yang sesuai dengan aturan Islam dan terlepas dari hal-hal yang di larang seperti riba, perjudian dan lain sebagainya yang mengandung banyak ke mudharatan.

Seperti yang di ketahui di negara Indonesia masyarakatnya mayoritas beragama Islam, oleh karenanya sektor industri pada pasar modal diharapkan agar bisa mengakomodir sekaligus melibatkan peran serta warga muslim secara langsung untuk ikut aktif menjadi pelaku utama pasar, tentunya adalah sebagai investor lokal di pasar modal Indonesia.

Baca Juga :  Pendidikan Kewarganegaraan dalam Mencegah Degradasi Moral Mahasiswa

Sebagai upaya dalam merealisasikan hal tersebut maka sudah sewajarnya disediakan dan dikembangkan produk-produk investasi di pasar modal Indonesia yang sesuai dengan prinsip dasar ajaran agama Islam.

Hal tersebut menjadi penting mengingat masih adanya anggapan dikalangan umat Islam sendiri bahwa berinvestasi di sektor pasar modal di satu sisi merupakan sesuatu yang tidak diperbolehkan (diharamkan) berdasarkan ajaran Islam.

Sementara, pada sisi lain bahwa Indonesia juga perlu memperhatikan serta menarik minat investor manca negara untuk berinvestasi dipasar modal Indonesia terutama investor dari negara-negara Timur Tengah yang diyakini merupakan investor potensial.

Peluang Investasi di Pasar Modal Syariah

Di dalam islam, berdagang itu merupakan hubungan antar manusia dengan bentuk muamalah. Nah, investasi juga termasuk dalam muamalah tersebut. Pasar modal telah memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang ingin melakukan kegiatan investasi sesuai dengan syariat Islam. Dengan adanya pasar modal syariah, bisa menjadi pilihan terbaik dalam melakukan kegiatan investasi.

Pemerintah telah menjadikan ekonomi syariah sebagai bagian dari yang tak terpisahkan dari sistem perkembangan ekonomi nasional. Bahkan, pemerintah Indonesia mempunyai keinginan untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah di dunia.

Baca Juga :  Ternyata Pendiri dan CEO Startup Twibbonize Sarjana dari Universitas Syiah Kuala

Potensi utamanya tidak lain ialah karena jumlah penduduk di Indonesia yang telah disebutkan oleh Darmin ada sekitar 12,7 persen dari total populasi penduduk dunia, dengan jumlah penduduk muslim yang sebesar itu, maka Indonesia memiliki potensi besar dalam pengembangan ekonomi syariah secara global.

Konsep dasar investasi syariah di pasar modal Indonesia apabila dilihat dalam Al-Qur’an dan Hadist sebagai sumber utama ajaran Islam maka dapat dilihat beberapa ketentuan mengenai hal tersebut:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu…”.

Tantangan Pasar Modal Syariah

Yang menjadi tantangan di dalam pasar modal syariah salah satunya ialah persepsi dari masyarakat yang berkembang bahwa pasar modal itu tidak ada bedanya dengan perjudian, masyarakat berpikir ketika kita memasuki dunia pasar modal, berarti menanam sejumlah uang, dimana jika beruntung akan menjadi kaya dan jika rugi akan mengalami bangkrut.

Persepsi yang muncul di kalangan masyarakat ini, dikarenakan adanya opini yang telah berkembang di media sosial. Informasi ini muncul bukan tanpa sebab tetapi karena banyaknya kasus dimana orang yang terjun ke pasar modal akan berujung pada kerugian. Situasi seperti inilah yang memunculkan persepsi orang bahwa pasar modal sama saja dengan perjudian.

Baca Juga :  Mengenal Artificial Intelligence dalam Aplikasi Youtube

Tantangan lainnya adalah, adanya rasa kekhawatiran masyarakat akan mengalami kerugian jika membeli saham syariah dikarenakan harga saham itu berfluktuatif dan adanya masalah di dalam pelayanan yang kurang optimal dari perusahaan tersebut.

Berdasarkan pernyataan tersebut, perlu adanya peran seorang ulama syariah yang akan memberikan edukasi, pemahaman serta pelatihan mengenai fungsi dari pasar modal yang berbasis syariah kepada masyarakat luas sehingga dapat menggugah ketertarikan dan menumbuhkan minat masyarakat untuk memanfaatkan produk-produk pasar modal syariah.

Serta perlu adanya inovasi terhadap pengembangan produk dan layanan di berbagai jenis lembaga keuangan khususnya di pasar modal syariah. Hal ini bertujuan agar mampu menyaingi produk-produk konvensional, serta pelaku ekonomi syariah hendaknya untuk menciptakan sesuatu yang unik dan menarik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.[]

Pengirim :
Sinthia Nurul Hikmah, Mahasiswi Ekonomi Syariah Universitas Pamulang, email : ap.unpam@gmail.com

banner 300250