Pencegahan dan Pengurangan Angka Stunting Menjadi Tema Mahasiswa KKN INISNU Temanggung di Desa Purborejo

Temanggung, TERASMEDIA.NET – INISNU Temanggung menerjunkan 120 mahasiswa KKN untuk mengikuti program KKN tematik metodologi PAR (Participatory Action Research) dengan tema pencegahan stunting. Mahasiswa KKN ini dibagi ke dalam dua wilayah yaitu Kecamatan Bansari dan Kecamatan Gemawang pada masing-masing lokus Desa dengan presentasi tertinggi daerah stunting. Sebanyak 13 mahasiswa diterjunkan ke Desa Purborejo, Kecamatan Bansari pada Senin, (05/12/2022).

Kegiatan penerjunan mahasiswa KKN ke Desa Purborejo, tepat nya di dusun Prupuk lor, Cepit dan Pesingan bertempat di Aula Balai Desa Purborejo yang dihadiri oleh Kepala Desa Purborejo, Carik Purborejo, Kadus dari setiap dusunnya dan DPL INISNU Temanggung.

Kepala Desa Purborejo, Andika dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Program KKN yang dilakukan di Desa Purborejo ini pertama kali dilaksanakan, beberapa program yang dibentuk oleh mahasiswa KKN tersebut nantinya dapat direalisasikan dan berdampak baik dalam lingkup masyarakat. Khususnya dalam program tambahan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mengatasi masalah sampah di Desa Purborejo secara menyeluruh”, harap Kades.

Sementara itu, DPL KKN Tematik, Faizah M.Pd, mengatakan, KKN ini bertujuan untuk Pengabdian Kepada Masyrakat (PKM) dan pendampingan terhadap komunitas masyarakat serta ingin menciptakan ruang bersama untuk mewujudkan program yang nantinya mampu memberikan efek samping positif bagi masyarakatnya.

Ditambahkannya, tujuannya bukan hanya belajar dari lingkungan saja, tetapi lebih mendekat kepada masyarakat yang ada di tempat tersebut, mengenai kebiasaan masyarakat, dan lain sebagainya. Mencari sumber informasi lebih mendalam tentang seluk beluk penyebab stunting. Dan ditambah penanganan sampah dengan melihat sanitasi air sudah terjaga, sampah, lingkungan bersih, dan banyak lainnya.

Karena sesungguhnya dari situ kita bisa melihat sumber masalah dan juga potensi. Mahasiswa harus mengetahui betul problematika yang ada sehingga mampu menciptakan arus positif dengan program yang akan dibentuk guna menangani permasalahan itu, ujar Faizah, M.Pd selaku DPL KKN Tematik di Desa Purborejo.

Baca Juga :  Universitas Syiah Kuala Fokus Raih Akreditasi Internasional

Usai pengarahan dari Kepala Desa Purborejo dan DPL KKN Tematik INISNU Temanggung. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi perkenalan antara mahasiswa KKN dengan Kadus dari setiap dusunnya dalam penerjunan mahasiswa KKN Tematik INISNU Temanggung.

“Program KKN ini tentunya menjadi ajang latihan dalam kehidupan bermasyarakat, harapannya kami mampu memperoleh berbagai ilmu, wawasan baru dan pengalaman yang mampu menjadi bekal nanti mahasiswa langsung terjun ke dalam masyarakat luas. Karena teori yang kami pelajari selama di bangku perkuliahan tentunya tidak lengkap dan sempurna ketika tidak mampu kita praktikan dan memberikan dampak kemanfaatan”, ujar Fajar Nugroho selaku ketua kelompok KKN Desa Purborejo.[] htm/Rissanah

banner 300250