Perhiptani Aceh Barat Dikukuhkan, Penyuluh Diminta Mampu Imbangi Perkembangan Teknologi

Meulaboh, TERASMEDIA.NET – Wakil Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Aceh, Ir Razali Adani mengukuhkan Kepengurusan Perhiptani Aceh Barat periode 2023-2028 yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pertanian, Kamis (25/5/2023) di Meulaboh.

Wakil Ketua DPW Perhiptani Aceh yang menyerahkan bendera pataka Perhiptani kepada ketua terpilih Perhiptani Aceh Barat, Sabaruddin yang menggantikan ketua periode sebelumnya yakni Aristotel Gunawan SP berharap para penyuluh kedepan bisa mengimbangi perkembangan teknologi kedepannya.

“Perhiptani merupakan organisasi profesi, maka adanya organisasi ini menjadi sebuah wadah guna meningkatkan kompetensi, profesionalisme kerja, dan Attitude bagi seluruh penyuluh pertanian,” kata Wakil Ketua DPW Perhiptani Aceh, Ir Razali Adani.

Dijelaskan, bahwa penyuluh pertanian harus mampu mengikuti dan mengimbangi perkembangan teknologi, baik dalam hambatan-hambatan yang ada dalam tugas atau kegiatan-kegiatan yang bisa mendukung pelaksanaan tugas harian.

Lebih lanjut kara Razali, penyuluh merupakan garda terdepan yang memiliki peran yang sangat strategis untuk pembangunan pertanian di Tanah Air baik di tingkat daerah dan provinsi.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Aceh Barat Safrizal mengatakan, bahwa penyuluh sebagai ujung tombak pertanian diharapkan dapat memberikan edukasi dan pelayanan yang baik kepada masyarakat, sehingga dapat meningkatkan produksi dan juga meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Sebagai ujung tombak pertanian kita sangat menggantungkan harapan kepada penyuluh guna bisa membawa petani kita ke arah yang lebih baik,” harap Safrizal.

Disisi lain, Ketua baru Perhiptani Aceh Barat, Sabaruddin dalam kesempatan itu menghaturkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk 5 tahun kedepan.

“Kami sebagai penyuluh berkomitmen dan bersungguh-sungguh menjalankan tugas dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sektor pertanian di Aceh barat,”pungkas Sabaruddin.[] Muh

banner 300250