Program Pendidikan Madrasah Aliyah Tawakkal Denpasar

Denpasar, TERASMEDIA.NET – Tahukah anda di Jalan Raya Puputan No.52, Dangin Puri Klod, Kecamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali terdapat lembaga pendidikan yaitu Madrasah Aliyah (MA) Tawakkal Denpasar, Bali. Yayasan Tawakkal berkembang  hingga memiliki empat unit pendidikan yaitu KB-RA, MI, SMP, dan MA Tawakkal. Banyak program pendidikan di Sekolah ini yang merupakan sekolah islam terbaik di Denpasar yang berkonsep Islamic Full Day School.

MA Tawakkal Denpasar mengedepankan peserta didiknya untuk memiliki akhlak yang baik dengan tetap mengunggulkan akademik dan juga religius, serta peserta didik dapat menjadi pemuda yang berpegang teguh terhadap aturan-aturan agama, terdapat beberapa mata pelajaran yang mendukung seperti Fiqih, Bahasa Arab, Akidah Akhlak, Al-Qur’an Hadis dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Dilihat dari visi MA Tawakkal Denpasar yaitu ‘Membentuk generasi Rabbani yang unggul dan cerdas (spritual, intelektual emosional) mandiri serta kreatif yang berbasis teknologi informasi,’ untuk menciptakan visi tersebut, MA Tawakkal Denpasar menggunakan progam-ptogram pendidikan yang mendukung visi tersebut, salah satunya progam kulikuler.

Baca Juga :  Bingkai Karya Luncurkan Program Baru "KATA KITA", Dipandu Oleh Tandem Terbaik Tanti dan Dewi

Program kulikuler yang telah disediakan untuk membentuk kepribadian peserta didik yang cerdas secara intelektual, emosional, teknologi, religius dan berakhlakul kharimah menuju generasi robbani. Program kulikuler MA Tawakkal diantaranya Sains club, English club, Economic club, Student chef, Pramuka, TIK, Futsal dan Kaligrafi. Di mana peserta didik dapat memanfaatkan program kulikuler tersebut dengan baik.

Program-program pembelajaran yang diterapkan di Madrasah Tawakkal Denpasar bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang mengunggulkan akademik dan juga religius, menghasilkan lulusan yang peduli dengan lingkungan, gemar beramar ma’ruf nahi munkar, menghasilkan lulusan yang beramanah dalam setiap bermuamalat, menghasilkan lulusan yang terbiasa hidup Islami, mengamalkan adab-adab serta akhlaq islami dan menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi untuk melanjutkan ke universitas-universitas atau perguruan-perguruan tinggi.

MA Tawakkal Denpasar menggunakan kurikulum 2013, yang mana kurikulum 2013 ditujukan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif, serta mampu berkontribusi pada kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan berperadaban dunia.

Baca Juga :  Bawaslu Aceh Tamiang Siagakan 1.200 Petugas Awasi Pemilu

Program yang unggul di MA Tawakkal Denpasar yaitu English Course. English course merupakan program bahasa yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi dalam Bahasa Inggris. English cours yang di terapkan di MA Tawakkal Denpasar bekerja sama dengan lembaga kursus dan mendapatkan sertifikat. Program English course ini, wajib diikuti siswa kelas x selama dua minggu. Di MA Tawakkal Denpasar akan menerapkan program-program baru, diantaranya belajar di luar sekolah, English day, TIK bersertifikat dan tasmi, yang rencananya akan dilaksanakan di tahun ajaran baru nanti.

Program-program yang dilaksanakan di MA Tawakkal sangat membantu pengembangan diri dan pengembangan karakter peserta didik. Selain program-program yang mendukung, MA Tawakkal juga memiliki guru-guru yang berkualitas dan sistem small class, sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi lebih terfokus.

Baca Juga :  Begini Konsep Pendidikan Menurut Fazlur Rahman

Guru-guru yang berkualitas sangat memengaruhi siswa dalam kegiatan belajar mengajar, guru-guru di MA Tawakkal memiliki prinsip mengajar yang mana dapat memberikan kemudahan bagi siswanya untuk menangkap materi yang diberikan, metode pengajaran di sana juga tidak dapat membuat para siswa merasa cepat bosan di dalam kelas, guru memberikan interaksi yang sangat menyenangkan untuk siswa.

Tidak hanya itu, guru di sana juga tidak memaksa siswa agar cepat mengerti maeri yang disampaikan, guru di sana sanngat memahami kondisi dan pemahaman siswanya, dengan itu saat siswa berada di dalam kelas tidak merasa takut dan tertekan, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan karakter siswa dapat berkembang dengan baik.[]

Pengirim :
Aidilia Adhana Rizky, Hp/WA : 0878-1770-1685

banner 300250