Sebelum Protes ke AFF, PSSI akan Putar Ulang Video Laga Thailand vs Vietnam di Piala AFF U-19

Jakarta, TERASMEDIA.NET – PSSI berencana mengajukan protes kepada Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) terkait dengan hasil dari laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022.

Pertandingan yang dimaksud adalah Thailand vs Vietnam yang berakhir 1-1 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Ahad malam, 10 Juli 2022.

Kedua tim tersebut diduga main aman, agar bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 dan membuat Indonesia tersingkir. Thailand, Vietnam dan Indonesia sama-sama mengoleksi 11 poin di klasemen akhir Grup A.

Namun, skuad Garuda Nusantara kalah dalam head-to-head dengan Thailand dan Vietnam. Yang berhak lolos ke semifinal adalah Vietnam (juara Grup A) dan Thailand (runner up).

“Nanti kami akan bicarakan terlebih dahulu di PSSI. Kami akan menyampaikan karena cukup dirugikan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan usai laga Indonesia melawan Myanmar di Stadion Patriot Candrabhaga, Ahad malam WIB.

“Kami akan lihat dan diskusikan secara internal. Kami akan memutar ulang video tayangan pertandingan Thailand vs Vietnam dan kami kirim ke AFF. Kami akan mengamati dahulu dan diskusikan dengan direktur teknik dan deputi sepak bola. Yang jelas kami kecewa, mereka adalah negara besar masa permainannya begitu-begitu saja,” ujar Iriawan.

Kegagalan lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 ini membuat Timnas U-19 Indonesia tak mampu memenuhi target juara di ajang ini. Sebelumnya, tim asuhan Shin Tae-yong diharapkan bisa mengulang cerita manis pada 2013 di mana skuad Garuda Nusantara berhasil menjadi juara di negara sendiri.

Terakhir kali Timnas U-19 Indonesia gagal lolos fase grup Piala AFF U-19 ada pada tahun 2016.[] Tempo

banner 300250