Shin Tae-yong Tidak Panggil Maarten Paes untuk Laga vs Irak dan Filipina

TMSport, TERASMEDIA.NET – Pelatih Shin Tae-yong tak memasukkan nama Maarten Paes ke dalam 22 pemain Timnas Indonesia yang dipanggil untuk laga melawan Irak dan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Menanggapi hal tersebut, Paes pun buka suara.

Ya, Paes tidak masuk dalam 22 nama yang baru saja dirilis PSSI pada Kamis 16 Mei 2024 kemarin. Padahal pencinta sepakbola Tanah Air sudah menantikan aksi Paes usai kiper FC Dallas itu telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Paes sendiri sejatinya kecewa karena belum bisa membela Timnas Indonesia. Dalam sebuah postingan stories berlangganan Paes, ia mengaku akan berusaha semaksimal mungkin agar segera memperkuat Garuda di pertandingan melawan Irak dan Filipina.

Baca Juga :  Pemkab Aceh Barat Berikan Anugerah CSR Award 2021 kepada 10 Perusahaan

“Sayangnya bulan Juni akan segera tiba. Saya akan melakukan segala daya agar dapat bermain untuk Garuda secepatanya,” ujar Maaren Paes, di instagram stories eksklusif berlangganan, Jumat (17/5/2024).

Perlu diketahui, Paes memang belum bisa memperkuat Timnas Indonesia meski sudah resmi menjadi WNI. Masalahnya pun bukan dalam proses perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI).

Meski PSSI tak memberitahukan secara pasti apa proses yang harus dilewati Paes untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia, kemungkinan besar itu adalah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). Ya, sebelumnya ada aturan FIFA yang sempat menghambat proses naturalisasi Paes.

Menurut peraturan FIFA, pemain boleh berganti tim nasional berbeda jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela tim junior maupun senior di pertandingan resmi. Masalahnya kiper yang kini berusia 26 tahun itu ternyata dulunya sempat bermain untuk Timnas Belanda U-21 di Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021 saat berumur 22 tahun.

Baca Juga :  Asrizal H Asnawi Minta Jangan ada Pemotongan Honor Tenaga Kontrak Aceh Tamiang

Jadi, mau tak mau proses naturalisasi Paes pun harus melewati CAS. Tak heran jika Paes pun harus melalui banyak proses hingga membutuhkan waktu agar bisa membela Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong sendiri masih berharap Paes bisa bergabung dengan Timnas Indonesia. Terbukti dari 22 nama yang dipanggil, STY hanya membawa dua kiper. Padahal biasanya ia selalu memanggil tiga kiper.

Harapannya, proses naturalisasi Paes kelar sebelum Mei berakhir. Sebab laga melawan Timnas Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, akan berlangsung pada 6 Juni 2024, sementara Filipina pada 11 Juni 2024.[] Okezone

banner 300250