728 Mahasiswa Universitas Teuku Umar KKN ke Aceh Tengah

Aceh Barat, TERASMEDIA.NET – Rektor Universitas Teuku Umar yang diwakili Wakil Rektor bidang Akademik dan Kerjasama, Dr. Ir. M. Aman Yaman, M.Agric.Sc menyerahkan sebanyak 728 Mahasiswa Universitas Teuku Umar untuk melakukan KKN di Kabupaten Aceh Tengah. Penyerahan Mahasiswa tersebut berlangsung di aula Kantor Bupati Aceh Tengah, Senin, (10/7/2023) kemarin.

“Kami titip mahasiswa UTU di Kabupaten Aceh Tengah. Pada hakikatnya anak-anak bangsa ini hadir dari berbagai kondisi dan budaya berbeda. Ada juga peserta KKN dari luar Aceh. Kiranya anak kami dapat diterima dan dididik ke arah lebih baik selama sebulan kedepan,” kata Dr. M. Aman Yaman.

Wakil Rektor berpesan agar mahasiswa KKN senantiasa ikut dalam kegiatan masyarakat, dan menjadi garda terdepan. Setiap program yang dijalankan, didorong untuk menyentuh inti persoalan masyarakat Kampung (desa) tempatan, serta dapat menyukseskan KKN sesuai dengan tema yang diusung.

Baca Juga :  Pamit Mencari Ikan, 5 Warga Jagong Jeget sudah 10 Hari Belum Kembali

“Jadikan KKN untuk berbuat nyata hasilnya. Baik moralitas, kemampuan komunikasi atau akademiknya yang mencerminkan mahasiswa. Banyak perubahan positif di dunia ini yang diinisiasi oleh mahasiswa. Bismillah, kita mampu mewujudkannya,” tutur WR I UTU.

Adapun beberapa hal yang mesti merasakan dampak positif dari kehadiran mahasiswa KKN meliputi, stunting, membantu masyarakat calistung. Selama di gampong KKN, mahasiswa diingatkan untuk beradaptasi dengan baik, agar banyak mendengar dan belajar dari segala hal yang ada di tempat tersebut.

“Ini merupakan kesempatan pertama bagi Universitas Teuku Umar untuk melaksanakan KKN di Aceh Tengah, sebagai wujud dari implementasi kerjasama antar instansi yang telah diteken dua tahun lalu di kegiatan rapat kerja UTU yang berlangsung di Aceh Tengah,” jelas Dr. M. Aman Yaman

Baca Juga :  Diduga Korupsi Bantuan Sosial, Kejari Subulussalam Tahan Konsultan Proyek

Lanjutnya, Kuliah Kerja Nyata(KKN) ini tidak didapat di bangku kuliah, mereka akan mengabdi di masyarakat Aceh Tengah selama satu bulan, semoga melalui KKN ini para mahasiswa dapat mengabadikan dirinya pada masyarakat,” harap Wakil Rektor

Warek 1 menambahkan adapun ke 10 kecamatan yang menjadi lokasi KKN reguler XX yaitu Celala, Sirih Nara, Bintang, Ketol, Kute Panang, Rusip Antara, Linge, Jagong Jeget, Atu Lintang dan Bebesan.

Sementara itu, Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, M.T berterimakasih kepada UTU yang telah memilih Aceh Tengah sebagai tempat KKN mahasiswa kampus terbaik yang menyandang nama Pahlawan Nasional Teuku Umar.

Ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, telah mempercayai Aceh Tengah sebagai tempat pengabdian mahasiswa untuk melakukan KKN di tengah-tengah masyarakat, sebut Pj. Bupati.

Baca Juga :  Pentingnya Pendidik Merangkap Sebagai Konselor Anak Usia Dini

“Kehadiran adik-adik sekalian, akan membantu berbagai bidang di pemerintahan dan masyarakat Aceh Tengah,” kata T. Mirzuan.

Ia mengingatkan, bahwa salah satu persoalan yang disasar dan mendasar di Aceh Tengah adalah stunting. Kehadiran mahasiswa UTU diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat setempat tentang stunting.

“Selain itu, mahasiswa juga bisa ikut membantu aplikasi SIGAP, agar data di Aceh Tengah bisa satu pintu. Kemudian soal ketahanan pangan, bagaimana meningkatkan perekonomian masyarakat. Jadi kita berdayakan berbagai potensi yang ada di Aceh Tengah menjadi lebih baik lagi,” tutup T. Mirzuan yang juga Kepala Sekretariat Majelis Pendidikan Aceh ini.[] Humas UTU

banner 300250