Ayo Dukung Program Kejar Mimpi Lhokseumawe “Batandang To Pulau Banyak”

Program Kejar Mimpi Lhokseumawe “Batandang To Pulau Banyak” merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh CIMB Niaga seiak tahun 20107 yang dirancang dengan tuiuan menginspirasi Indonesia untuk berani melangkah dan mengeiar mimpi.

Hal ini sejalan dengan keinginan CIMB Niaga untuk selalu bersama dan mendukung nasabah ataupun calon nasabah. CIMB Niaga dalam mewujudkan mimpi melalui SOLUSi perbankan yang komprehensif.

Apa Visi dan Misi Kerjar Mimpi?

Visi
Mencetak karakter bangsa yang positif sehingga menjadi bangsa yang produktif, independen dan mempunyai iiwa membangun.

Misi
Meniadi ekosistem yang inspiratif bagi para Dream Warriors dalam mengejar mimpi serta menciptakan komunitas yang kuat dalam mendukung pembangunan positif bangsa.

Siapa Target Kita?
Seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki mimpi untuk memaiukan potensi diri, yang mengedepankan nilai sosial yang membangun.

Berkontribusi untuk Sosial
Di sini kami melakukan kontribusi untuk sosial melalui kegiatan Pendidikan, Lingkungan, Filantropi, dan Pembangunan Ekonomi Sosial.

Kepribadian dan Karakter #KejarMimpi
Layaknya teman yang menyenangkan, aktif, kolaboratif dan disukai banyak pihak.

Tentang Program Batandang To Pulau Banyak

Batandang To Pulau Banyak, Secara Etimologi “Batandang” berasal dari bahasa Aneuk Jameh yang mendiami bahasa lokal yang paling banyak iumlah penuturnya di Kecamatan Pulau Banyak yang artinya ”Berkuniung/Bertamu”. Batandang To Pulau Banyak adalah kegiatan ekspedisi ke Kecamatan Pulau Banyak yang dikenal sebagai Raja Ampat-Nya Provinsi Aceh. Sebagai kecamatan yang memiliki 3 Desa utama terhampar di hamparan kepulauan yang indah meniadikan daya tarik tersendiri untuk dikuniungi serta di eksplorasi.

Baca Juga :  Hari Kedua Iduladha, di Aceh Singkil 926 Ekor Hewan Kurban Telah Disembelih

Kegiatan ini mengusung implementasi poin ke-2 dan ke-8 dari SDGs, harapannya Keiar Mimpi Lhokseumawe mampu meningkatkan daya ekowisata demi meningkatkan iumlah lapangan pekeriaan, bertumbuhnya ekonomi baru, dan menurunnya angka kelaparan.

Program pengabdian ini mengusung terna “Sustainable Ecotourism For Pursuit of a Sustainable Dream” yang mendeklarasikan 2 tuiuan utama SDGs yaitU “Zero Hunger” & “Decent Work & Economic Growth”.

Kegiatan “Batandang To Pulau Banyak” akan dilaksanakan di Desa Pulau Balai dan Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh pada 5-10 Agustus 2023.

Sama-sama kita ketahui, permasalahan utama yang masih menghalangi perkembangan sumber daya wisata di pesona Pulau Banyak adalah masih kurangnya fasilitas penuniang transportasi, seperti jalan urnum, tanda fasilitas umum penuniuk wisata, sentra souvenir, kebersihan lingkungan pantai, kurangnya partisipasi masyarakat lokal terdidik dan terlatih dalam mengelolah wisata, dan kurangnya minat motivasi mengeiar mimpi bagi anak-anak di Pulau Banyak.

Baca Juga :  Tidak Masuk Kerja 438 Hari saat Bertugas di PBB, Kepala BKPSDM Aceh Singkil Dicopot

Melalui kegiatan “Batandang To Pulau Banyak” yang mengusung urgensi kegiatan utama yaitu “Sustainable Ecotourism For Pursuit of a Sustainable Dream” dinilai meniadi bentuk gebrakan perubahan dan semangat mengeiar mimpi demi mencapai Ekowisata berkelaniutan untuk mendorong mengeiar mimpi yang berkelaniutan juga.

Keiar Mimpi Lhokseumawe bertekad penuh mendeklarasikan 2 tuiuan utama SDGs yaitu “Zero Hunger” & “Decent Work & Economic Growth” dengan ini akan mampu menekan angka kelaparan di Pulau Banyak hingga ke angka 0 dan mampu menciptakan peluang pertumbuhan ekonomi sebagai akibat bertambahnya ketersediaan lapangan pekeriaan.

Pengabdian masyarakat yang bersifat kolaboratif dan inovatif dinilai akan mampu meningkatkan potensi ekowisata di Pulau Banyak dengan detail kegiatannya adalah:
1.  FGD with Perangkat Kecamatan Pulau Banyak berbasis point ke-2 dan 8 SDGs
2.  Talkshow Inspiratif Mengeiar Mimpi
3.  Goes to School SD, SMP, dan SMA di Pulau Banyak
4.  Clean Up World Campaign
5.  Go UMKM UP
6.  Posyandu Lansia dan anak
7.  Ecotourism Berbasis Local Wisdom
8.  Cover of Pulau Banyak Traditional Dance by KM Lhokseumawe Team
9.  Eklusif Trip di Hidden Paradise PUIaU Banyak

Tuiuan yang diharapkan dari implementasi program pengabdian ini mencakup:
1.  Mendorong Sumberdaya Ekowisata Pulau Banyak yang berkelaniutan
2.  Wadah implementasi point ke-2 by SDGs UntUk menekan angka kelaparan di Pulau Banyak
3.  Implementasi point ke-8 SDGs agar tersedianya lapangan pekeriaan baru dan pertumbuhan ekonomi
5.  Memfasilitasi Dream Warriors Pulau Banyak dalam mengeiar mimpi
6.  Mendorong UMKM lokal berbasis 4.0 Business Concept
7.  Memperkenalkan keberagaman budaya dan wisata ke kancah Nasional dan Internasional
8.  Meniadikan PUIaU Banyak sebagai rekomendasi wisata oleh Pesona Indonesia
9.  Mengasah critical thinking, creativity, communication, and collaboration pemuda dalam menawarkan solusi peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :  myECO Teknologi Nusantara Gandeng BumiBaik Adopsi 10 Ton Karbon dari 140+ Lampu Bekas

Dan pada kegiatan pengabdian ini akan didukung penuh dan berkolaborasi dengan Pemda Aceh Singkil, Dispapora Aceh Singkil, Dispendikbud Aceh Singkil, Dishub Aceh Singkil, Duta Wisata Aceh Singkil, Kecamatan Pulau Banyak, PT. Letsgo Pulau Banyak Travel, BumDes Pulau Baguk, BumDes Pulau Banyak.

Schedulu

Melalui kegiatan pengabdian ini akan memacu semangat belaiar akan hal baru dalam mengeiar mimpi dan membuat dampak untuk berkembang. Mari meniadi seseorang yang tak hanya hebat untuk diri kita melainkan mampu meniadi orang hebat yang bermanfaat dan menghebatkan orang lain. “Maksimalkan potensi diri dan jadi bagian penggerak perubahan untuk Indonesia!”[]

banner 300250