Bawaslu RI Gelar Rakornas Strategi Pemberitaan Tematik

Jakarta, TERASMEDIA.NET – Jelang pemungutan suara 14 Februari 2024 Bawaslu RI menggelar Rapat Koordinasi Nasional Strategi Pemberitaan Tematik Menjelang Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2024.

Rakornas Strategi Pemberitaan Tematik ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 2-4 Februari 2024 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta Pusat.

Kegiatan ini penting dilaksanakan dalam rangka mengoptimalkan pencegahan pelanggaran serta diseminasi kinerja pengawasan Bawaslu pada Pemilu 2024.

Rakornas ini diikuti oleh peserta dari Bawaslu 38 provinsi dan Bawaslu Kabupaten/kota seluruh Indonesia, dan dibuka oleh Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI, Lolly Suhenty, S.Sos.I., M.H.

Dalam arahannya Lolly Suhenty menekankan pentingnya memahami teknik pemberitaan tematik jelang tahapan pemungutan dan penghitungan suara pemilu 2024.

Baca Juga :  Panwaslih Kota Banda Aceh Ingatkan KIP pada Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Tingkat Kota Banda Aceh

Menurutnya, pemberitaan dalam tahapan pemilu maupun tahapan pemungutan dan penghitungan suara harus aktual dan faktual.

Lolly Suhenty juga menghimbau agar aparatur Bawaslu di daerah untuk menyusun rencana pemberitaan jelang 12 hari menjelang pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) Pemilu 2024.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional Strategi Pemberitaan Tematik ini, Bawaslu RI menghadirkan narasumber para pakar di bidangnya dari akademisi, pegiat pemilu maupun dari jurnalis.

Panitia penyelenggara telah menyiapkan berbagai materi terkait diantaranya :
1. Isu-isu kritis dan kerawanan pemilu yang perlu ditekankan dalam publikasi dan pemberitaan pada tahapan kampanye dan masa tenang dengan menghadirkan narasumber Aditya Perdana (Akademisi Universitas Indonesia), Hurriyah (Direktur Eksekutif Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia), Anik Sholih (Pegiat Pemilu) dan Khoirunnisa (Direktur Eksekutif Perludem).

Baca Juga :  Lidia Junita Wakil Jawa Barat, Komitmen Dorong Pengesahan RUU Daerah Kepulauan

2. Isu-isu kritis dan kerawanan pemilu yang perlu ditekankan dalam publikasi dan pemberitaan pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara, dengan narasumber Nuryati Solapari (Akademisi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa), Titi Anggraini (Pembina Perludem), Masykuruddin Hafidz (Rektor Akademi Pemilu dan Demokrasi) dan Nasrullah (Pegiat Pemilu).

3. Penentuan angle dan pelaporan pemberitaan hasil pemilu secara akurat dan cepat untuk memenuhi kebutuhan publik, dengan narasumber Andari Karina Anom (Pengajar Ilmu Komunikasi dan Mantan Jurnalis) dan Anthony Lee (Jurnalis Kompas TV).[]

banner 300250