Buah Rumbia di Aceh Barat Kini Sudah Langka

Aceh Barat, TERASMEDIA.NET – Dulunya Kabupaten Aceh Barat dikenal sebagai penghasilan buah rumbia dalam jumlah besar. Hingga bisa tersebar sampai ke ibu kota Provinsi Banda Aceh bahkan sampai ke Medan Sumatra Utara yang dijual oleh para pedagang.

Namun kini buah rumbia hanya tinggal nama dan tak lagi berbuah. Beberapa pedagang keliling di Cot Pluh Sama Tiga pada Selasa (30/5) kepada pada Terasmedia.net mengatakan, selama buah rumbia tak lagi berbuah sudah 16 tahun kami menjajakan barang dagangan campuran lainnya seperti nenas, daun sirih, sayuran juga barang dangangan lainnya setiap pagi, ucapnya.

Adi, salah seorang warga Dusun Monkulu Gampong Ladang Kecamatan Sama Tiga Kabupaten Aceh Barat, selasa sore (30/5) menuturkan, kami kerja jahit daun rumbia satu gagang hanya Rp 6000, sehari bisa siap jahit sejumlah 7 sampai 10 gagang, tentunya bisa peroleh kemasukan Rp 60.000.

Sementara batang rumbia yang sudah tinggi disebut juga batang sagu dibeli Rp 9000 per meter, dan satu batang ada yang mencapai panjangnya 7 sampai 12 meter. Warga berharap manfaat atap rumbia dan batang sagu sebagai sumber ekonomi.[] TM-002/Muhibbul Jamil

banner 300250