Gali Tambak, Warga Temukan Guci Gerabah Kuno di Pidie Jaya

Pidie Jaya, TERASMEDIA.NET – Guci yang terbuat dari gerabah menggemparkan warga Desa Cot Lheu Rhieng, Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Aceh.

Guci yang diduga benda kuno tersebut, ditemukan saat warga menggali tanah untuk tambak.

“Saat alat berat mengali tambak, tiba-tiba terlihat benda asing. Benda asing yang ternyata guci tersebut, ditemukan salah seorang warga yang menyaksikan penggalian tanah,” sebut Hamdani (46) pemilik tambak, Sabtu (2/4/2022).

Menurut dia, di lokasi tambaknya ini sering ditemukan benda-benda yang diduga kuno saat dilakukan pengalian. Benda kuno itu antara lain bangko dari batu, gelas dari batu, serta guci gerabah.

Bahkan, dia mengaku tak heran dengan temuan guci berbahan gerabah tersebut. Hal ini dikarenakan seringnya ditemukan benda-benda tersebut di sekitar tambaknya.

Baca Juga :  Jumat Lusa Bima Arya siap berdialog dengan Pendukung Habib Rizieq

“Ini yang kesekian kalinya kami temukan guci yang terbuat dari gerabah. Sebelumnya juga ditemukan guci, namun pecah karena terkena alat berat,” jelas Hamdani.

Selain itu, diakuinya baru kali ini penemuan guci tersebut membuat heboh warga. Bahkan banyak warga yang datang untuk ingin melihat guci tersebut.

Guci itu kini disimpan di pondok tambak dengan kondisi sudah dibersihkan, namun belum diketahui peninggalan zaman apa guci tersebut.[]

banner 300250