Gelaran Akhirussanah dan Pelepasan Siswa RA Masyitoh dan MI Ma’Arif Malebo Berlangsung Meriah

Temanggung, TERASMEDIA.NET – RA Masyitoh dan MI Ma’Arif Malebo menggelar Akhirussanah atau pelepasan siswa pada Rabu (12/6/2024). Terdapat 18 Siswa Madrasah dan 16 Siswa Kelompok B dinyatakan lulus.

Para orang tua terlihat bangga dan bahagia menyaksikan anak-anak mereka yang telah menyelesaikan Pendidikan di RA Masyitoh dan MI Ma’Arif Malebo. Pelukan dan deru tangis air mata orangtua, tak terbendung melihat capaian sang buah hatinya.

Dalam kesempatan itu, hadir komite, pengawas Kecamatan Kandangan, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU, perangkat desa dan wali siswa dalam acara diselenggarakan di Halaman Madrasah itu.

Dalam sambutannya, Kiai Al Huda selaku Komite mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi kepala dan guru MI Ma’Arif dan RA Masyitoh Malebo yang telah menghantarkan siswa sampai lulus. Pihaknya juga mengungkapkan rasa syukurnya atas peningkatan jumlah siswa setiap tahun ajaran baru.

“Peningkatan ini menunjukkan kepercayaan Masyarakat Malebo untuk menitipkan anak mereka di MI Ma’Arif dan RA Masyitoh Malebo. Kepercayaan ini merupakan amanah yang harus dijaga oleh para pengajar dan kepala lembaga,” ungkapnya.

Baca Juga :  [PUISI] Tunjuk Satu Bintang!

Selanjutnya Ibu Musrinah, M.Pd.I, Pengawas Kecamatan Kandangan turut mengapresiasi kepada kepala Lembaga dan mengucapkan selamat kepada siswa kelompok B dan kelas VI.

“Kami mengucapkan terimakasih atas kinerja kelembagaan yang telah berhasil memuluskan siswanya. Tugas belajar tidak sampai disini dengan jalan panjang, menggapai cita-cita. Orangtua perlu mendukung, memfasilitasi serta mendoakan agar memudahkan jalan kesuksesan anak”, paparnya.

Pihaknya berharap siswa mau melanjutkan study dan tetap belajar di naungan Madrasah. “Siapa lagi yang akan menjaga lembaga jika bukan kita. Inshaallah tidak akan salah pilih, karena madrasah memiliki keunggulan yaitu antara materi umum dan pelajaran agama. Keberkahan pembelajaran agama yang akan mengangkat derajat kelimuan siswa dan orangtua”, ungkapnya.

Dalam kegiatan Akhirussanah tersebut juga memberikan kesempatan pada siswa dalam menampilkan gelar kreativitas siswa RA dan MI. Terdapat beberapa yang dipentaskan siswa diantaranya pramuka, paduan suara, pagarnusa, kubro siswa, hafalan hadist dan surat pendek. Siswa tampil memukau dan menghibur para tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut. Tak heran banyak UMKM sekitar yang hadir meramaikan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Desak Usut Tuntas Korupsi Beasiswa dan BRA, Massa Bakal Demo di Kejaksaan Aceh Timur

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan INISNU, Andrian Gandi W, diberikan kesempatan dalam kegiatan tersebut untuk memberikan kuliah umum. Hal ini sebagai bentuk kerjasama antara INISNU dan MI Ma’arif Malebo.

Pihaknya menyampaikan tantangan zaman yang semakin kompleks, dinamis menggugah peran lembaga pendidikan dasar.

“Proses pengembangan lembaga pendidikan dasar membutuhkan kolaborasi yang erat antara pemerintah, institusi pendidikan, dan masyarakat secara menyeluruh, serta membutuhkan kerja keras dan kebijaksanaan dalam merencanakan masa depan bangsa. Diperlukan pula keterampilan khusus dalam menyelesaikan masalah, sehingga bisa menghasilkan ide-ide baru, dan menciptakan solusi yang inovatif. Hal ini sebagai modal awal bagi Lembaga untuk meningkatkan kualitas perlu keterlibatan penuh semua komponen ini”, papar pengurus GP Ansor Mangunrejo itu.

Baca Juga :  Percepatan Penurunan Stunting, Pemkab Atam Gelar Penguatan Kapasitas Kader Posyandu

Selain itu, dia menekankan parameter kualitas Pendidikan. “Pendidikan berkualitas tidak terbatas/sekadar pada hasil akademis semata, tetapi juga memiliki dimensi lebih luas, termasuk pembentukan karakter, ruang/kesempatan bagi siswa untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Artinya bahwa lembaga pendidikan tidak hanya sekadar bertujuan meningkatkan kapasitas intelektual siswa saja, tetapi juga membentuk karakter baik, keterampilan relevan dengan kebutuhan, memiliki kepribadian kuat dan positif sehingga menjadi individu yang berbudaya dan bermanfaat atau maslahat bagi sekitarnya”, pungkas Dosen PGMI itu.

Para peserta juga sangat aktif dalam kegiatan tersebut, mereka mengajukan pertanyaan, mendiskusikan dan menyelesaikan permasalahan bersama narasumber. Kegiatan Akhirussanah diakhiri dengan doa bersama yang di pimpin oleh Kiai Murtadho.[]

Kontributor : Iis Narahmalia
Editor : Yeddi Alaydrus

banner 300250