Hewan Langka yang Terancam Punah di Objek Wisata Air Terjun Seribu

Aceh Tamiang, TERASMEDIA.NET – Berkunjung sebuah objek wisata yang sedang populer memang sangat diimpikan para wisatawan. Terlebih objek wisata yang di suguhkan ialah alam terbuka yang masih alami dan menguji adrenalin. Seperti halnya beberapa objek wisata yang ada di setiap daerah di Aceh.

Salah satu daerah yang masih banyak menyimpan pesona alam itu ialah Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, yakni objek wisata Air Terjun 1000. Lokasi wisata ini tersembunyi dan belum begitu populer bagi masyarakat luar Tamiang. Meski begitu para wisatawan jika berkunjung ke sana dijamin tidak akan kecewa.

Terletak di kawasan Desa Rongoh Pintu Kuari, Kecamatan Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh Tamiang, tempat ini selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan atau musim liburan.

Ditemui di kantornya Muhammad Farij selaku Kadispota Aceh Tamiang mengungkapkan untuk sampai di sana, para wisatawan jika berangkat dari pusat Kota Kuala Simpang kurang lebih 2 hingga 3 jam atau dengan jarak tempuh 47 kilometer dengan kondisi jalan yang sudah beraspal. Namun, sebelum tiba di lokasi, sekitar 8 kilometer pengunjung harus melalui jalan bebatuan yang belum beraspal.

Baca Juga :  2.990 Peserta SNBP Lulus di Universitas Syiah Kuala

“Lokasinya masih alami. Meskipun jarak yang ditempuh lumayan jauh. Namun setelah tiba disana, semuanya terbayar” ucapnya (18/02/2014)

Masih Kadispora, meskipun begitu, pengunjung tidak akan merasa kesal ketika melewati jalan yang belum beraspal itu, sebab, sepanjang perjalanan, mata pengunjung akan dimanjakan oleh pemandangan perbukitan yang indah.

“Walaupun jaraknya sedikit jauh dari pusat kota Kabupaten Aceh Tamiang. wisatawan yang datang ke sana tidak akan tersesat. Sebab, masyarakat di sepanjang jalan menuju ke lokasi sangat ramah” imbuhnya mengakhiri.

Selain Wisata Air Terjunya, Diperjalan menuju Objek Wisata kita dapat mendengar suara satwa yang terus bersahutan, di titik pertama ini pengunjung sudah disambut kawanan orangutan dan siamang. Di waktu-waktu tertentu, satwa lindung ini bisa dilihat dalam jarak yang sangat dekat.

Baca Juga :  Gerindra Aceh Deklarasi Dukung Prabowo sebagai Calon Presiden 2024

“Dalam beberapa kesempatan, wisatawan akan dapat melihat hewan ini muncul dalam bentuk kawanan. Kalau kita lagi beruntung kita juga dapat melihat hewan yang dilindungi dan terancam punah yaitu burung rangkong dan serindit Tentu saja pengalaman ini menjadi “Objek Wisata” tersendiri.

Biaya

Setelah tiba di sana, pengunjung tidak perlu membayar tiket atau karcis masuk, hanya saja pengunjung harus membayar uang parkir kendaraan bermotor. Untuk tarifnya parkir sepeda motor sebesar Rp 5 ribu, sedangkan untuk mobil Rp 10 ribu.

Saat tiba di lokasi, gemuruh air sungai yang melewati bebatuan memadati indra pendengar. Ditambah lagi dengan suara kicauan burung di alam lepas. Objek wisata air terjun 1000 memang begitu eksotis, terlebih dihimpit oleh rimbun dan rindangnya pepohonan besar. Rasanya cukup untuk membayar perjalanan yang telah ditempuh yang lumayan melelahkan itu.

Baca Juga :  Maula Lamkaruna Raih Top Score Futsal Silaturrahmi Panwaslih Aceh Tamiang Merdeka Cup

Sesuai namanya air terjun seribu, objek wisata ini memang menyuguhkan pemandangan air terjun berlapis atau tingkatan yang menyerupai anak tangga. Keasrian alam ini akan langsung didapat pengunjung ketika tiba di anak tangga pertama.

Nah bagaimana guys, terbayang gak tu bagaimana keseruan berwisata ke Air Terjun Seribu ini, mudah-mudahan informasi ini bisa menjadi referensi kamu berwisata di Aceh Tamiang ya guys.[]

 

banner 300250