Jepang Berikan Pinjaman 43,6 Miliar Yen untuk Selesaikan PLTA Peusangan di Aceh

Jakarta, TERASMEDIA.NET – Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida mengatakan, negaranya sedang memproses pinjaman sebesar 43,6 miliar Yen untuk menyelesaikan pembangunan PLTA Peusangan di Indonesia.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan keterangan pers bersama Presiden Joko Widodo di Kantor PM Jepang di Tokyo, Rabu (27/7/2022).

“Saya telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Jepang sedang dalam memproses pinjaman sebesar kurang lebih 43,6 miliar Yen untuk proyek bidang mitigasi bencana dan perampungan PLTA Peusangan,” kata PM Kishida dilansir dari tayangan YouTube resmi Reuters.

“Saya juga telah mengkonfirmasikan dengan Bapak Presiden untuk mendorong kerja sama yang lebih erat dalam mewujudkan komunitas emisi nol Asia serta kerja sama dalam bidang dekarbonisasi dan energi,” jelasnya.

Baca Juga : Kesenjangan Produktivitas Sawit Petani dan Swasta Mengkhawatirkan

Selain itu, PM Kishida mengapresiasi mulai banyaknya perusahaan Jepang yang berinvestasi di Indonesia. Khususnya di bidang energi, otomotif, keamanan, pangan serta pembentukan dan pengembangan start up.

“Kami mengonfirmasikan untuk bekerjasama lebih lanjut. Selain itu Presiden Jokowi dan saya menyambut baik memorandum kerja sama dalam bidang lingkungan yang akan segera ditandatangani,” kata PM Kishida.

“Presiden Jokowi juga telah menyampaikan kepada saya bahwa pembatasan impor produk makanan dari Jepang semua dicabut. Yang sebelumnya diberlakukan setelah gempa besar timur Jepang, semua sudah dicabut.

Hal itu yang sangat menyemangatkan masyarakat yang terkena bencana dan saya sangat menyambut baik hal tersebut,” tambahnya.

Baca Juga : Dirjen Migas ESDM : Potensi Migas Singkil dan Meulaboh Cukup Besar

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan PM Jepang Fumio Kishida di Kantor PM Jepang, Tokyo, Rabu.

Presiden Jokowi tiba di Kantor PM dan langsung disambut PM Kishida yang sudah menunggu di halaman depan kantornya. Kedua pemimpin negara kemudian menuju Lobi Kantor PM untuk melakukan upacara penyambutan resmi.

Baca Juga :  Tiga Nelayan Tamiang yang Tenggelam di Selat Malaka Dipulangkan dari Malaysia

Setelah Presiden Jokowi dan PM Kishida berada di mimbar kehormatan, lagu kebangsaan masing-masing negara diperdengarkan. PM Kishida kemudian mempersilakan Presiden Jokowi untuk memeriksa barisan kehormatan dan diikuti oleh perkenalan delegasi masing-masing negara.[] Kompas

banner 300250