Mahasiswa IAIN Langsa Ciptakan Aplikasi Kazkdi Eye

Banda Aceh, TERASMEDIA.NET – Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, banyak siswa yang kebingungan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Kegalauan ini disebabkan sebagian besar siswa tidak mengenali potensi diri yang dimiliki.

Lewat aplikasi Kazkdi Eye, siswa bisa mengetahui potensi diri yang dimiliki, aplikasi ini diciptakan oleh tiga mahasiswa IAIN Langsa, yaitu Jatian Draini, Mauliza Tulrizka dan Ramadhanulkarim.

Jatian Draini menyebutkan, aplikasi ini dapat membantu siswa untuk memilih jurusan sesuai dengan potensi diri dengan menggunakan metode Realistis, Investigatif, Artistik, Sosial, Entrepreneur dan Convensional serta membantu siswa dalam mencari informasi mengenai pilihan jurusan yang akan dipilihnya.

“Dalam aplikasi ini nanti siswa diberikan 30 pernyataan yang berkaitan dengan potensi diri, dari jawaban pernyataan ini akan diperoleh hasil sesuai dengan karakter kepribadian siswa yang akan berguna untuk memilih Program Studi apa yang cocok bagi siswa tersebut,”imbuhnya.

Baca Juga :  Wisata Kuala Bulutan Aceh Tamiang

Aplikasi Kazkdi Eye dikemas dalam nuansa islami sehingga sangat berpengaruh pada orientasi yang hendak dicapai tidak hanya jenjang karir dalam kehidupan namun disisi lain diisi nilai religius yang bermanfaat pada ketenangan hidup seseorang dalam orientasinya masa depan serta memiliki tujuan dalam ruang lingkup kecil mengenalkan IAIN Langsa dalam ruang lingkup besar mengenalkan PTKI seluruh Indonesia.

“Jadi didalam aplikasi itu ada kata-kata hikmah atau petuah islami yang akan menjadi motivasi dalam menjalani kehidupan,”imbuhnya.

Jatian berharap aplikasi ini menjadi ladang dakwah untuk meningkatkan eksistensi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dalam dunia pendidikan dan kedepannya aplikasi ini bisa dikembangkan. [] iainlangsa.ac.id

banner 300250