Mahasiswi INISNU Temanggung KKN di TPQ Nurul Hidayah

Kuliah kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pengabdian seorang mahasiswa/ mahasiswi kepada masyarakat untuk menyalurkan ilmu yang didapat dari kampus.

Biasanya mahasiswa menyelesaikan mata kuliah KKN ini di semeter 7, seperti yang dilakukan penulis dia lebih memilih mengabdi di sebuah TPQ Nurul Hidayah karena tertarik dengan fenomena yang terjadi di Dusun Sumur ini.

Di zaman modern ini banyak anak kecil usia 5-12 tahun bahkan usia SMP yang belum selesai/ belum khatam dalam membaca kitab Suci Al Qur’an, bahkan untuk sholat masih belum lima waktu di jalankan, juga tidak tahu tata cara sholat jenazah, dll.

Hal ini sangat menarik bagi penulis untuk terjun ke masyarakat mencari tahu apa penyebabnya, ternyata penyebabnya adalah pola asuh yang salah orang tua kurang memperhatikan anaknya bahkan membiarkan anaknya bermain Handphone sepanjang hari, tidak memperhatikan apakah anaknya sudah sholat atau belum apakah sudah mengaji atau belum, bahkan orang tuanya tidak memberikan teladan yang baik atau mengajari anaknya ilmu agama karena orang tua di Dusun Sumur ini dari 296 jiwa yang 175 lulusan SD.

Baca Juga :  Pentingnya Edukasi Kepedulian akan Sampah

Berarti sumber daya manusia di dusun ini sangatlah rendah bahkan orang tua sibuk dengan pekerjaannya sendiri, sehingga hal ini menjadi dilema tersendiri bagi penulis untuk bisa menyampaikan program KKN.

Adapun program KKN yaitu meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan melaui mengajar mengaji Al-qur’an dengan mengenalkan ilmu tajwidnya, belajar sholat subuh dengan do’a Qunutnya, metode bercerita kisah Nabi dan rosulNya supaya menjadi teladan buat anak anak dalam kehidupan sehari-hari, mengajarkan tata cara mensholati jenazah, dan untuk wali murid dan warganya mengadakan tausiah keagaaman.

Dengan berbagai program KKN mahasiswi INISNU Temanggung yang dilakukan di TPQ Nurul Hidayah Dusun Sumur Sesa Ngadisepi Kecamatan Gemawang ini disambut sangat antusias oleh warga setempat khususnya para ustadz dan Ustadzah merasa sangat terbantu dengan program yang dilakukan bahkan minta semua program tersebut untuk terus dilaksanakan setelahnya.[]

Baca Juga :  Dampak Microsoft 365 Copilot dalam Bidang Industri Teknologi

Pengirim :
Ning Supinah, Mahasiswi INISNU Temanggung

banner 300250