Mengenakan Batik Sogan Truntum, Faul Memperingati Hari Batik Nasional

Jakarta, TERASMEDIA.NET – Hari Batik Nasional menjadi momen yang berharga untuk merayakan kekayaan budaya Indonesia melalui jalinan motif batik yang mempersembahkan kisah panjang sejarah. Dalam peringatan ini, Faul atau yang memiliki nama panjang Faulla Bagus Mauluddin, berbagi pandangannya melalui postingan di akun Instagram pribadinya.

Dalam postingan fotonya pada tanggal 2 oktober 2023 yang lalu, Faul mengenakan batik dan tersenyum lebar, menggambarkan penuh dengan energi positif. Faul mengungkapkan kebanggaannya terhadap warisan budaya Indonesia yang begitu berharga, yakni batik. “Selamat Hari Batik Nasional, jadikanlah batik sebagai jati diri kita!” tulis Faul.

Faul tampak mengenakan batik sogan truntum dalam foto yang ia bagikan. Batik sogan truntum adalah salah satu varian batik yang memiliki makna khusus dalam budaya Jawa, melambangkan cinta, persatuan, dan harapan akan kebahagiaan.

Baca Juga :  Perkuat Kerja Sama Strategis Indo-Pasifik, Jokowi Bertemu PM Albanese

“Di balik setiap pola dan warna, terdapat cerita panjang tentang Indonesia,” tulis Faul. Faul juga memberikan informasi sejarah menarik bahwa Batik Sogan Truntum telah menjadi bagian penting dari warisan budaya batik Indonesia sejak abad ke-18, berasal dari Kanjeng Ratu Kencana, yang juga dikenal dengan nama Gusti Bendara Raden Ayu Martawijaya. Beliau adalah seorang permaisuri berpengaruh dalam sejarah Keraton Surakarta.

Postingan Faul memberikan penghormatan yang tepat kepada keindahan dan makna mendalam dibalik batik yang menjadi simbol identitas budaya Indonesia. Faul mengajak semua orang untuk tetap mempertahankan dan membanggakan kekayaan budaya bangsa, khususnya dalam perayaan Hari Batik Nasional. Selamat Hari Batik Nasional.[]

banner 300250